[HOAKS] - FOTO GUBERNUR ANIES BASWEDAN MENYATAKAN TIDAK BISA BEKERJA

Share :        
Kamis, 18 Mar 2021

DISINFORMASI
Beredar sebuah gambar di media sosial yang memuat foto Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan dengan narasi "Kalau Soal Bicara Sayalah Orangnya, Tapi Kalo Kerja Maaf.. Saya Gak Bisa."

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, telah diklarifikasi dalam medcom.id (17/03/2021) bahwa klaim pernyataan Gubernur Anies Baswedan meminta maaf tidak bisa bekerja adalah salah.

Diketahui bahwa foto Gubernur Anies Baswedan tersebut dicatut dari salah satu artikel video rubrik Bincang di situs lokadata.id (11/07/2019), berjudul "Anies Baswedan tentang Wakil Gubernur dan Reklamasi." Adapun video tersebut adalah hasil wawancara Gubernur Anies Baswedan menyoal  reklamasi Teluk Jakarta dan saat memasuki genap satu tahun memimpin Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tanpa Wakil Gubernur.

KESIMPULAN
Informasi yang memuat foto Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan dengan narasi "Kalau Soal Bicara Sayalah Orangnya, Tapi Kalo Kerja Maaf.. Saya Gak Bisa," adalah tidak benar. Faktanya, foto Gubernur Anies Baswedan tersebut dicatut dari salah satu artikel video rubrik Bincang di situs lokadata.id berjudul "Anies Baswedan tentang Wakil Gubernur dan Reklamasi." 

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten Tiruan/ Tipuan (Imposter Content)

Sumber Fakta:
1. https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/yNL4pogN-cek-fakta-pernyataan-anies-sebut-dirinya-tidak-bisa-bekerja-ini-faktanya
2. https://lokadata.id/video/anies-baswedan-tentang-wakil-gubernur-dan-reklamasi