Jala Hoaks Jakarta

[HOAKS] - FOTO PRAJURIT IRAN MENYITA KAPAL DI SELAT HORMUZ


Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Informasi Tidak Berhubungan (False Connection)
Rabu, 01 Mei 2024

[HOAKS] Foto Prajurit Iran Menyita Kapal di Selat Hormuz

DISINFORMASI

Beredar postingan foto di media sosial Facebook yang diklaim sebagai prajurit Iran tengah menyita kapal di Selat Hormuz.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui bahwa narasi postingan tersebut keliru. Angkatan bersenjata Iran yang dikomandoi Korps Garda Revolusi Islam atau IRGC menyita sebuah kapal kontainer di dekat Selat Hormuz, pada Sabtu (13/4/2024). Kapal MSC Aries berbendera Portugal itu berangkat dari sebuah pelabuhan di Uni Emirat Arab menuju India. Kapal tersebut merupakan bagian dari Zodiac Group yang dijalankan oleh miliarder Israel, Eyal Ofer dan keluarganya.

Akan tetapi, foto yang digunakan di postingan Facebook tersebut juga ditemukan di laman gettyimages.in. Pada keterangan yang terdapat di laman tersebut diketahui bahwa foto prajurit itu merupakan foto prajurit Iran saat latihan perang bersama tentara Rusia di Laut Arab dan utara Samudra Hindia pada 17 Februari 2021. Foto itu juga diketahui merupakan foto hak cipta kantor berita Turki, Anadolu Agency.

Dengan demikian, foto dan peristiwa penyitaan kapal tidak terkait satu dengan lainnya.

KESIMPULAN

Postingan foto di media sosial Facebook yang diklaim sebagai prajurit Iran tengah menyita kapal di Selat Hormuz adalah tidak benar. Faktanya, foto tidak ada kaitannya dengan peristiwa penyitaan kapal di Selat Hormuz yang terjadi pada 13 April 2024. Foto yang beredar merupakan foto saat pasukan Iran mengikuti latih perang bersama tentara Rusia pada 17 Februari 2021 di Laut Arab dan utara Samudra Hindia.

SUMBER FAKTA:

  1. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/04/17/131521182/klarifikasi-foto-ini-tidak-terkait-penyitaan-kapal-oleh-iran-di-selat

  2. https://www.gettyimages.in/detail/news-photo/iranian-and-russian-navies-attend-a-joint-military-exercise-news-photo/1231214067?adppopup=true

Bagikan: