[HOAKS] - FOTO PRIA 91 TAHUN DAN ISTRI GAGAL HAJI SETELAH NABUNG 30 TAHUN KARENA REZIM

Share :        
Rabu, 09 Jun 2021

DISINFORMASI
Beredar sebuah foto pasangan suami istri lansia di media sosial yang dinarasikan sebagai kisah romantis pria 91 tahun gagal berangkat haji setelah menabung 30 tahun karena rezim.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, pasangan lansia yang diberitakan gagal berangkat haji tersebut bernama Ahmadi (91 tahun) dan istrinya, Sartoyah.

Dilaporkan dalam liputan6.com (29/07/2018), mereka berdua merupakan warga Desa Gumelar Lor Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Pasangan lansia tersebut tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 91. Ahmadi dan Sartoyah telah berangkat ke tanah suci melalui Embarkasi Solo pada 13 Agutus 2018.

Kisah mereka untuk berangkat haji sempat menjadi sorotan. Di antaranya lantaran Ahmadi tercatat sebagai calon jemaah haji tertua pada tahun 2018.

Semula Ahmadi mendaftar haji pada 2011. Pada tahun yang sama, ia mendapatkan kesempatan untuk langsung berangkat haji melalui program percepatan. Kala itu, usianya sudah 84 tahun. Tiga tahun berturut-turut, ia diminta langsung berangkat haji. Akan tetapi, ia menunda keberangkatan karena ingin berangkat haji bersama sang istri.

KESIMPULAN
Informasi tentang foto pasangan suami istri lansia yang dinarasikan sebagai kisah romantis pria 91 tahun gagal berangkat haji setelah menabung 30 tahun karena rezim, adalah tidak benar. Faktanya, pasangan lansia dalam foto tersebut tersebut tergabung dalam kloter 91 dan telah berangkat ke tanah suci melalui Embarkasi Solo pada 13 Agutus 2018.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konteks yang Salah (False Context)

Sumber Fakta:
1. https://www.liputan6.com/regional/read/3603133/kisah-romantis-pria-91-tahun-menabung-30-tahun-demi-berhaji-dengan-istri
2. https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/Gbmo77PK-cek-fakta-viral-foto-pria-91-tahun-dan-istri-gagal-haji-setelah-nabung-30-tahun-karena-rezim-ini-faktanya