[HOAKS] - FOTO RUMAH MEWAH MILIK GUBERNUR DKI JAKARTA DARI PENGEMBANG REKLAMASI

Share :        
Rabu, 02 Jun 2021

DISINFORMASI
Beredar informasi di media sosial yang memuat foto sebuah rumah mewah di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan yang diklaim milik Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan dari pengembang reklamasi.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil koordinasi Tim Jalahoaks dengan Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Provinsi DKI Jakarta (31/05/2021), diperoleh klarifikasi bahwa informasi yang beredar adalah tidak benar dan klaim tersebut dibuat oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

TGUPP Provinsi DKI Jakarta juga memberikan rekomendasi link untuk memeriksa sumber foto yang beredar, yakni pada akun Twitter milik Ismail Fahmi @ismailfahmi (22/05/2021). Dalam akun twitter tersebut, dijelaskan tutorial cara mengetahui sumber foto yang beredar, sebagai berikut:
- Install extension Reverse Image search
- Klik kanan foto yg mau dicek, pilih All Search Engine
- Lihat Tab Yandex, lihat daftar gambar yg mirip
- Ditemukan sumber asli foto tersebut adalah dari situs: https://rumahdijual.com 

Selain itu, juga telah diklarifikasi dalam akun penangkal hoaks turnbackhoax.id (23/05/2021) bahwa foto “Rumah baru Gubernur DKI ada di Kebayoran Baru, Jaksel,” adalah hoaks. Dijelaskan lokasi rumah bukan di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, melainkan di Jalan Mandor Hasan, Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur. Foto rumah tersebut juga telah dimuat di beberapa situs jual beli rumah dan kemudian dibagikan oleh sumber dengan narasi yang salah, sehingga menimbulkan premis/ kesimpulan yang keliru.

KESIMPULAN
Informasi yang memuat foto sebuah rumah mewah di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan yang diklaim milik Gubernur Anies Baswedan dari pengembang reklamasi, adalah tidak benar. Faktanya, rumah tersebut bukan di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, melainkan di Jalan Mandor Hasan, Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur dan fotonya dimuat pada beberapa situs jual beli rumah. Foto rumah tersebut dibagikan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dengan narasi yang salah, sehingga menimbulkan premis/ kesimpulan yang keliru.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:
1. Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Provinsi DKI Jakarta
2. https://twitter.com/ismailfahmi/status/1396026000048226306
3. https://turnbackhoax.id/2021/05/23/salah-foto-rumah-baru-gubernur-dki-ada-di-kebayoran-baru-jaksel/
4. https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-hoaks-rumah-mewah-anies-baswedan-dari-pengembang-reklamasi-ini-faktanya.html
5. https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/VNnojZjb-cek-fakta-beredar-foto-rumah-mewah-diklaim-milik-anies-dari-pengembang-reklamasi-di-kebayoran-lama-ini-cek-faktanya