[HOAKS] - GARA-GARA MENGHINA AL-QURAN, MANTAN PRESIDEN AS KESULITAN BERBICARA

Share :        
Senin, 04 Jul 2022

DISINFORMASI

Beredar di media sosial Facebook video yang menyebutkan bahwa George Walker Bush kesulitan berbicara setelah menghina Al-Qur'an.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks, diketahui bahwa Presiden Amerika Serikat ke-43 George Walker Bush mengalami kesulitan berbicara karena menghina Al-Qur'an adalah Salah.

Video tersebut merupakan hasil gabungan dari dua video yang berbeda. Video pertama, memperlihatkan konferensi pers terakhir Bush pada 13 Januari 2009. Dalam kesempatan tersebut, Bush mengucapkan terima kasih atas kinerja media selama masa pemerintahannya. 

Video tersebut telah diunggah oleh kanal YouTube C-SPAN berjudul “Pres. Bush’s Last Press Conference” diunggah padapada 13 Januari 2009.

Sementara itu, video yang seolah memperlihatkan Bush mengalami kesulitan berbicara adalah hasil suntingan video konferensi pers akhir tahun pada 20 Desember 2006. Adapun kesulitan berbicara yang dialami Bush tidak berlangsung secara terus menerus, melainkan terjadi di beberapa kesempatan yang berbeda. Versi lengkap dari pidato tersebut telah diunggah oleh kanal YouTube AP Archive pada 31 Juli 2015 dengan judul video “President George W. Bush takes questions on Iraq at a year-end news conference”.
 
KESIMPULAN

Video yang menyebutkan George Walker Bush kesulitan berbicara setelah menghina Al-Qur'an adalah salah. Faktanya Video tersebut merupakan hasil editan. Video tersebut telah diunggah oleh kanal YouTube C-SPAN berjudul “Pres. Bush’s Last Press Conference” diunggah padapada 13 Januari 2009.

Kategori Informasi: Disinformasi

Kategori Hoaks: Konteks yang Salah (False Context)

Sumber Fakta:

1. https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/0Kvo884N-cek-fakta-beredar-video-george-bush-kesulitan-berbicara-setelah-menghina-alquran-ini-faktanya

2. https://www.youtube.com/watch?v=ZZkKTTZuxO8

3. https://www.youtube.com/watch?v=mdkciQVtQig

4. https://georgewbush-whitehouse.archives.gov/infocus/ramadan/islam.html