[HOAKS] - GEDUNG KANTOR KEMENKOMINFO DI JAKARTA MELEDAK

Share :        
Senin, 15 Agu 2022

DISINFORMASI
Beredar informasi di media sosial Instagram yang memuat tangkapan layar sebuah video berjudul “Ledakan di Kantor Kominfo. Detik-detik Ledakan di kota Besar Indonesia Serangan ok SubatDungu Hancurkan Gedung Kominfo.”

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui bahwa hal tersebut tidak benar. Dilansir dari kompas.com (09/08/2022), tangkapan layar dari berita tersebut identik dengan salah satu video dari saluran Youtube Tribun Timur yang merupakan media jaringan dari Tribun Network.

Video asli yang diunggah Tribun Timur pada tanggal 2 Maret 2022 tersebut berjudul "Detik-detik Ledakan di Kota Besar Ukraina Serangan Rusia Hancurkan Gedung Perkantoran." Video merupakan hasil rekaman Kepala Staf Pertahanan Kharkiv yang menunjukkan dampak serangan Rusia.

Selain itu, Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tidak tampak seperti gedung putih yang ada pada video tersebut. Kantor Kominfo Indonesia memiliki lebih banyak kaca dan tidak seluruh temboknya berwarna putih.

KESIMPULAN
Informasi tentang video ledakan di gedung Kominfo, adalah tidak benar. Faktanya, video asli adalah tentang ledakan yang terjadi di kota Kharkiv, Ukraina akibat serangan Rusia.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten Manipulasi (Manipulated Content)

Sumber Fakta:
1. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/08/09/121200682/-hoaks-ledakan-yang-menghancurkan-gedung-kominfo?page=all
2. https://www.antaranews.com/berita/3048765/hoaks-video-ledakan-di-gedung-kominfo
3. https://www.youtube.com/watch?app=desktop&v=BzkYh1T9pQ4