[HOAKS] - GUBERNUR ANIES BASWEDAN MAKAN BESAR MENGGUNAKAN UANG RAKYAT

Share :        
Rabu, 22 Jun 2022

DISINFORMASI
Beredar informasi di media sosial Twitter yang menunjukkan kumpulan foto Gubernur Anies Baswedan tengah berada di sebuah acara makan bersama dengan sekelompok orang berpakaian khas Timur Tengah, dengan disertai narasi tentang pesta pora menggunakan uang rakyat.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, foto serupa pernah diunggah oleh akun Facebook pribadi Gubernur Anies Baswedan tanggal 28 Agustus 2017, dengan keterangan foto sebagai berikut:

"Semalam, diundang dan dijamu makan malam oleh para tokoh Kota Makkah yang dihadiri juga oleh Petinggi Kementerian Haji Pemerintah Saudi dan beberapa tokoh dari Afrika. Jamuan disini unik, dimulai pukul 23 hingga pukul 1.30 dini hari."

Selain itu, narasi serupa juga pernah beredar pada tahun 2020 lalu. Artikel dengan topik tersebut telah dimuat dalam situs turnbackhoax.id dengan judul artikel “[SALAH] Foto Gubernur Anies sedang Makan dengan Sekumpulan Orang Jawa Tulen” yang diunggah pada 20 Juli 2020.

KESIMPULAN
Informasi tentang foto Gubernur Anies Baswedan tengah pesta pora menggunakan uang rakyat bersama dengan sekelompok orang berpakaian khas Timur Tengah, adalah tidak benar. Faktanya, foto yang beredar merupakan foto ketika Gubernur Anies Baswedan tengah menghadiri undangan jamuan makan malam dari para tokoh Kota Makkah yang dihadiri juga oleh Petinggi Kementerian Haji Pemerintah Saudi dan beberapa tokoh dari Afrika pada tahun 2017.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konteks yang Salah (False Context)

Sumber Fakta:
1. https://www.facebook.com/aniesbaswedan/posts/semalam-diundang-dan-dijamu-makan-malam-oleh-para-tokoh-kota-makkah-yang-dihadir/1400811433289172/
2. https://turnbackhoax.id/2022/06/21/salah-kelompok-anies-pesta-pora-makan-duit-rakyat/
3. https://turnbackhoax.id/2020/07/20/salah-foto-gubernur-anies-sedang-makan-dengan-sekumpulan-orang-jawa-tulen/