[HOAKS] - GUBERNUR ANIES BASWEDAN USIR JEMAAH BAHA'I DARI JAKARTA

Share :        
Senin, 02 Agu 2021

DISINFORMASI
Beredar sebuah video di media sosial dengan judul "Anies Baswedan Usir Jamaah Baha'i dari Jakarta?!? Ini yang Merusak Islam, Jangan Coba Coba di Kota Kami?!?"

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, dilaporkan dalam seputarcibubur.pikiran-rakyat.com (01/08/2021), video beredar tersebut merupakan hasil editan atau suntingan dari beberapa cuplikan video yang berbeda, sebagai berikut:

1. Potongan klip saat Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan sedang menyampaikan pidato di sebuah masjid.
2. Potongan klip saat Ustaz Adi Hidayat menyampaikan ceramah dan membahas makna nama Anies Baswedan.
3. Potongan klip saat Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengucapkan Selamat Hari Raya Naw Ruz kepada umat Baha'i.
4. Narasi yang ditambahkan narator tentang kutipan berita dari media massa tentang pendapat Majelis Ulama Indonesia (MUI) tentang agama Baha'i.

Semua potongan klip yang ditayangkan tersebut tidak ada yang saling berhubungan. Adapun, momen ceramah Ustaz Adi Hidayat yang menjadi bagian besar video tersebut dilakukan pada 15 Desember 2019, saat acara "Satu Hari Bersama Al-Quran."

Secara keseluruhan dalam video juga tidak memuat satu pun pernyataan dari Gubernur Anies Baswedan maupun narator yang menyatakan tentang pengusiran jemaah Baha'i dari Jakarta.

KESIMPULAN
Informasi tentang Gubernur Anies Baswedan mengusir Jemaah Baha'i dari Jakarta, adalah tidak benar. Faktanya, video yang beredar merupakan hasil editan atau suntingan dari beberapa cuplikan video yang berbeda dan dalam video tidak dimuat satu pun pernyataan dari Gubernur Anies Baswedan maupun narator yang menyatakan tentang pengusiran jemaah Baha'i dari Jakarta.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten Manipulasi (Manipulated Content)

Sumber Fakta:
1. https://seputarcibubur.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-1782315134/beredar-kabar-anies-baswedan-usir-jamaah-bahai-dari-jakarta-cek-fakta-atau-hoax
2. https://www.youtube.com/watch?v=knAkjfEWoRc