[HOAKS] - HADIAH 300 MOBIL HONDA CIVIC MELALUI FACEBOOK

Share :        
Senin, 16 Jan 2023

DISINFORMASI

Beredar postingan di Facebook yang menyebutkan membagikan hadiah mobil Honda Civic dengan menuliskan kata “Selesai” di postingan tersebut. Dalam narasi disebutkan pemberian itu lantaran ada goresan kecil di unit mobil Honda Civic yang dibagikan.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui hal tersebut tidak benar. Dilansir dari liputan6.com, isu tersebut sudah pernah diklarifikasi oleh pihak PT Honda Prospect Motor. Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy pada tahun 2021.

"Tidak benar. Pesan berantai atau postingan yang beredar bukan berasal dari Honda," ucap Yusak kepada Liputan6.com, Minggu (15/8/2021). Ia juga meminta masyarakat untuk tidak menanggapi dan merespons pesan berantai tersebut. "Harap diabaikan," ujarnya.

KESIMPULAN

Klaim postingan berbagi hadiah Honda Civic yang beredar di Facebook adalah tidak benar. Faktanya, pihak Honda sudah membantah mengeluarkan program berbagi mobil Honda Civic.

1. Kategori Informasi: Disinformasi

2. Kategori Hoaks: Konten Buatan (Fabricated Content)

Sumber Fakta:

1. https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5177966/cek-fakta-hoaks-honda-civic-dibagikan-secara-acak-hanya-dengan-ketik-kata-selesai-di-facebook