[HOAKS] - HADIAH VOUCHER UNDIAN DARI KANTOR TELEGRAM

Share :        
Jumat, 22 Okt 2021

DISINFORMASI

Beredar di aplikasi Whatsapp sebuah pesan yang menginformasikan tentang pemberian hadiah voucher/uang tunai bagi pengguna telegram yang beruntung.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir dari laman turnbackhoax.id (17/07/2021) bahwa pesan tersebut merupakan salah satu modus penipuan pencurian data atau biasa dikenal dengan pishing. Yang mana, sistem kerja penipuan tersebut adalah pelaku meminta korban untuk mengirimkan 5 digit angka yang masuk melalui SMS ataupun telegram dengan mengiming-imingi korban akan mendapatkan voucher pulsa sebesar Rp300-500 ribu tersebut secara otomatis.

Pada Telegram, kode Angka tersebut merupakan kode OTP atau one time password, jika kode tersebut diberikan kepada pelaku maka pelaku dengan mudah mengambil alih akun Telegram dan semua akun yang menggunakan nomor handphone korbannya tersebut. Sedangkan jika kode tersebut dikirimkan melalui sms kemudian isi sms yang berupa kode angka 5 digit tersebut dikirimkan kepada pelaku maka dengan mudah pelaku menyedot pulsa korbannya.

KESIMPULAN

Pesan yang beredar melalui aplikasi Whatsapp yang menginformasikan tentang pemberian hadiah voucher/uang tunai bagi pengguna telegram yang beruntung adalah tidak benar. Faktanya, pesan tersebut merupakan salah satu modus penipuan pencurian data atau biasa dikenal dengan phishing.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten Tiruan/Tipuan (Imposter Content)

Sumber Fakta:

1.    https://turnbackhoax.id/2021/07/17/salah-anda-berhak-terima-hadiah-cashback-voucher-pulsa-gratis-dari-telegram-senilai-300-000/

2.    https://aceh.tribunnews.com/2018/04/16/awas-aksi-penipuan-atasnamakan-telegram-marak-pulsa-di-hp-bisa-habis-disedot-pelaku?page=2