[HOAKS] - HILANGKAN IKLAN DAN PULIHKAN PERTEMANAN DI FACEBOOK DENGAN MENYALIN TEKS UNGGAHAN

Share :        
Selasa, 17 Jan 2023

DISINFORMASI

Beredar sebuah narasi di media sosial Facebook yang menginformasikan bahwa cara menghilangkan iklan dan memulihkan pertemanan di News Feed Facebook dengan trik copypaste.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, dilaporkan dari laman berita kompas.com (13/01/2023) bahwa pada Februari 2019, pihak Facebook menerbitkan artikel tentang copypaste di Facebook yang menawarkan pengguna untuk mengatur fitur News Feed.

Namun, Facebook menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah membuat batasan jumlah pengguna di fitur News Feed.

“Tujuan News Feed adalah untuk menunjukkan kepada Anda unggahan yang penting bagi Anda sehingga Anda memiliki pengalaman yang menyenangkan. Jika kami, entah bagaimana memblokir Anda melihat konten dari semua orang kecuali sekelompok kecil teman Anda, kemungkinan Anda tidak akan kembali,” kata Ramya Sethuraman, manajer produk Facebook.

Selain itu, dilansir dari Snopes, Selasa (10/1/2023), copypaste kerap menarasikan soal cara mengakali sistem, melakukan pembaruan, mengubah algoritma, hingga yang terbaru menghapus iklan dan memulihkan pertemanan.

Trik copypaste itu adalah hoaks karena terbukti tidak memberi pengaruh apa pun pada Facebook.

KESIMPULAN

Informasi tentang cara menghilangkan iklan dan memulihkan pertemanan di News Feed Facebook dengan trik copypaste, tidak dapat diverifikasi benar. Faktanya, trik copypaste adalah hoaks karena terbukti tidak memberi pengaruh apa pun pada Facebook.

Kategori Informasi: Disinformasi

Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta :

1. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/01/13/085500382/cek-fakta--bisakah-hilangkan-iklan-dan-pulihkan-pertemanan-di-news-feed?page=all#page2

2. https://www.snopes.com/fact-check/facebook-to-regain-friends/