[HOAKS] - INDONESIA MEMUTUS HUBUNGAN DIPLOMASI DENGAN MALAYSIA DAN SIAP BERPERANG

Share :        
Rabu, 09 Mar 2022

DISINFORMASI
Beredar sebuah video di media sosial Youtube berjudul "KABAR TERKINI !!! PUTUSKAN DIPLOMATIK DENGAN MALAYSIA, INDONESIA KIRIM PASUKAN TEMPUR."

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks, diketahui bahwa konten video tersebut tidak berhubungan dan isi video menarasikan ulang pemberitaan dari salah satu media.

Berita dimaksud berjudul “Sering Terjadi Konflik, Inilah 5 Fakta Hubungan Indonesia-Malaysia,” yang tayang di lingkarkediri.pikiran-rakyat.com pada September 2021. Dari pemberitaan tersebut, tidak ada yang membahas mengenai Indonesia kirim pasukan tempur karena putuskan hubungan diplomatik dengan Malaysia.

Adapun, diinformasikan dari cuplikan wawancara yang diunggah channel YouTube CNN Indonesia (19/11/2021) Menteri Luar Negeri Malaysia, Dato Saifuddin Abdullah, menyatakan hubungan antara Indonesia sejak dulu istimewa. Indonesia dan Malaysia justru kembali menunjukan komitmen kerjasama regional kedua negara, mengingat sejumlah isu yang sama sedang dihadapi kedua negara, seperti isu kesehatan, ekonomi serta keamanan. 

KESIMPULAN
Informasi dalam video tentang Indonesia putus hubungan diplomasi dengan Malaysia dan kirim pasukan tempur, adalah tidak benar. Faktanya, antara konten video tersebut dengan narasi tidak berhubungan dan konten video tidak membahas mengenai Indonesia putuskan hubungan diplomatik dengan Malaysia dan kirim pasukan tempur.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Informasi Tidak Berhubungan (False Connection)

Sumber Fakta:
1. https://lingkarkediri.pikiran-rakyat.com/internasional/pr-672543280/sering-terjadi-konflik-inilah-5-fakta-hubungan-indonesia-malaysia
2. https://www.youtube.com/watch?v=KfX88U1vk3w