[HOAKS] - IKLAN BUS TENTANG VAKSIN COVID-19 BERPOTENSI MENYEBABKAN STROKE PADA ANAK

Share :        
Kamis, 25 Nov 2021

DISINFORMASI
Beredar informasi di media sosial Facebook yang memuat foto iklan yang ditempel pada sebuah bus tentang vaksin Covid-19 berpotensi menyebabkan stroke pada anak.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, dalam website resmi covid19.go.id (02/11/2021) telah diklarifikasi bahwa  poster tersebut sama sekali tidak berkaitan dengan vaksin Covid-19 dan tidak ada bukti ilmiah bahwa vaksin Covid-19 berpotensi menyebabkan stroke pada anak.

Poster tersebut dipasang oleh yayasan non-profit asal Kanada, Achieving Beyond Brain Injury (ABBI), pada Mei 2021 lalu untuk memperingati Bulan Kesadaran atas Stroke pada Anak. Foto poster serupa juga dapat ditemukan di laman Facebook serta situs resmi ABBI.

Dalam sebuah penelitian oleh tim peneliti dari Universitas Columbia dan Universitas Brown, Amerika Serikat, penyakit stroke pada anak disebabkan oleh penyakit jantung, kondisi hematologis, gangguan sindrom dan metabolisme. Lebih lanjut, dilansir dari situs hopkinsmedicine.org, penyakit stroke pada anak merupakan kondisi kesehatan yang langka dan umumnya hanya menyerang satu dari setiap 4.000 bayi yang baru lahir. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa kasus stroke pada anak umumnya terjadi pada 1 hingga 13 anak dari 100.000 anak dengan usia di bawah 18 tahun.

KESIMPULAN
Informasi tentang iklan vaksin Covid-19 berpotensi menyebabkan stroke pada anak, adalah tidak benar. Faktanya, iklan tersebut sama sekali tidak berkaitan dengan vaksin Covid-19 dan tidak ada bukti ilmiah vaksin Covid-19 dapat menyebabkan stroke pada anak.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konteks yang Salah (False Context)

Sumber Fakta:
1. https://covid19.go.id/p/hoax-buster/salah-poster-tentang-penyakit-stroke-yang-menyerang-anak-anak-sebagai-efek-samping-covid-19
2. https://wartapontianak.pikiran-rakyat.com/cek-fakta/pr-1172931119/cek-fakta-poster-tentang-penyakit-stroke-yang-serang-anak-anak-adalah-efek-samping-covid-19
3. https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-hoaks-anak-anak-yang-terkena-kanker-dilarang-mendapat-vaksin.html