[HOAKS] - INDONESIA AKAN MENERAPKAN STRATEGI HERD IMMUNITY

Share :        
Senin, 18 Mei 2020

DISINFORMASI

Terdapat pemberitaan di beberapa media sosial yang menginformasikan dugaan bahwa pemerintah Indonesia berencana terapkan Herd Immunity dengan akan kembali membuka Mal pada tanggal 8 Juni dan sekolah mulai pada tanggal 15 Juni. Dan juga terdapat informasi mengenai dampak jika Herd Immunity diterapkan.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran,  pemberitaan di beberapa media sosial yang menginformasikan dugaan bahwa pemerintah Indonesia berencana terapkan Herd Immunity tidaklah benar adanya, melainkan disinformasi  dan merupakan opini yang dilontarkan oleh beberapa oknum.

Pada isi artikel yang tedapat di situs cnnindonesia.com (13/05/2020) berjudul "Istana Tepis Pakai Strategi Herd Immunity Atasi Corona", Tenaga Ahli Utama Kepala Staf Presiden (KSP) Donny Gahral Adian menepis pemerintah memakai strategi herd immunity alias kekebalan kelompok untuk mengatasi pandemi virus corona (Covid-19). Herd immunity merupakan kondisi saat sebagian besar orang dalam suatu kelompok memiliki kekebalan terhadap penyakit infeksi tertentu.

"Kita tidak bicara herd immunity. Dalam dua minggu ke depan harus dilakukan segala cara untuk menurunkan atau melandaikan kurva corona," ujar Donny saat dihubungi, Rabu (13/5).

Menurut Donny, pemerintah saat ini tengah fokus melandaikan kurva corona secara bertahap. Hal ini dilakukan dengan tes masif untuk mengetahui puncak lonjakan kasus positif corona. Setelah kurva landai, pemerintah baru akan mengambil kebijakan lain dalam mengatasi dampak virus corona, termasuk dengan melonggarkan pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). "Begitu penurunan, baru akan dibuka bertahap. Kalau herd immunity kan semua dibebaskan. Kalau kita dibuka secara bertahap dan protokol kesehatan tetap dilakukan dengan ketat," katanya.

Sedangkan, informasi akan dibuka kembali Mal pada tanggal 8 Juni dan sekolah mulai pada tanggal 15 Juni hanya salah satu skenario pemulihan ekonomi dengan standar/ SOP kesehatan yang ketat. Seperti tautan yang dimuat dalam situs liputan6.com (11/05/2020) pada judul "Viral Skenario Pemulihan Ekonomi dari Corona, Ini Penjelasan Sri Mulyani". 

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengatakan bahwa kabar pemulihan ekonomi secara bertahap yang beredar dalam bentuk infografis masih bersifat kajian. Di mana Infografis tersebut menggambarkan fase-fase pembukaan kegiatan bisnis dan industri yang dimulai pada 1 Juni hingga Juli 2020.

"Jadi kalau sekarang ini beredar di berbagai WhatsApp grup mengenai bahan presentasi Pak Menko (Airlangga) itu adalah salah satu bagian yang akan dikaji," kata dia dalam video conference di Jakarta, Senin (11/5). Dia mengatakan, semua kementrian atau lembaga yang mempuntai kompetensi, memiliki cara pandang berbeda untuk melihat dari semua aspek secara seimbang. Mulai dari aspek kesehatan, keamanan masyarakat, kegiatan sosial dan ekonomi bahkan dari sisi aspek religius.

"Karena kan kita liat dari sisi interaksi sosial yang dibatasi menyebabkan yang selama ini untuk lakukan ibadah secara bersama itu juga ikut terbatasi. Jadi kita akan liat berdasarkan itu," kata Sri Mulyani. Bendahara Negara ini mengatakan, pemerintah saat terus melakukan kajian berbagai langkah-langkah yang bisa memfokuskan pada penanganan Covid-19, yakni meminimalisir penyebaran dan mencegah bertambahnya korban jiwa. Pun demikian juga melihat kondisi sosial ekonomi pasca pandemi ini berkahir.

KESIMPULAN

Informasi yang menyebutkan bahwa pemerintah Indonesia berencana terapkan Herd Immunity dengan membuka kembali pusat perbelanjaan pada tanggal 8 Juni dan sekolah  tanggal 15 Juni, adalah tidak benar. Faktanya, Tenaga Ahli Utama Kepala Staf Presiden (KSP) Donny Gahral Adian menepis pemerintah memakai strategi herd immunity. Dibukanya pusat perbelanjaan pada tanggal 8 Juni dan sekolah mulai pada tanggal 15 Juni hanyalah salah satu skenario pemulihan ekonomi dengan standar/ SOP kesehatan yang ketat.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber fakta:
1. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200513172946-20-503024/istana-tepis-pakai-strategi-herd-immunity-atasi-corona

2. https://nasional.tempo.co/read/1341704/epidemiolog-herd-immunity-tak-mungkin-diterapkan-di-indonesia

3. https://www.liputan6.com/bisnis/read/4250679/viral-skenario-pemulihan-ekonomi-dari-corona-ini-penjelasan-sri-mulyani#