Jala Hoaks Jakarta

[HOAKS] - INDONESIA BERHASIL CIPTAKAN RUDAL TERBESAR DI DUNIA


Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten Manipulasi (Manipulated Content)
Selasa, 23 Mei 2023

DISINFORMASI
Beredar sebuah video di media sosial Facebook yang diklaim sebagai video rudal terbesar di dunia milik Indonesia. Dalam video terlihat sejumlah cuplikan peluncuran alusista berupa peluru rudal dan beberapa roket.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui bahwa klaim tersebut keliru. Dilansir dari tempo.co (19/05/2023), diketahui bahwa video tersebut merupakan hasil suntingan dari beberapa sumber video, sebagai berikut:

1. Video berjudul “Dynamic Test V R HAN 122B” yang tayang di kanal Youtube PT PINDAD OFFICIAL pada 18 November 2019.
2. Video berjudul “Pusat Teknologi Roket, LAPAN Berhasil Melakukan Uji Terbang RX 450-5” yang tayang di kanal Youtube Pustekroket LAPAN pada 5 Desember 2020.
3. Video berjudul “Animation of Missile Launch” yang tayang di istockphoto.com pada 9 Desember 2020.
4. Video berjudul “SpaceX blows up rocket to test astronaut escape system” yang tayang di kanal Youtube Sky News pada 20 Januari 2020.

Dari sejumlah video tersebut, tidak ada pernyataan mengenai rudal terbesar di dunia merupakan milik Indonesia. Selain itu, tidak ditemukan juga pernyataan bahwa rudal terbesar di dunia itu sudah diluncurkan.

Dari penelusuran lanjutan, dilansir dari artikel berjudul “Rudal Terbesar di Dunia, Ada yang Bisa Bantai Jutaan Warga New York” yang tayang di laman inews.id pada 1 April 2022, terdapat lima rudal terbesar yang ada di dunia, yakni R-36M-2 buatan Rusia, Hwasong-17 buatan Korea Utara, DF-4 buatan Tiongkok, Taepodong-2 buatan Korea Utara, dan RS-28 Sarmat buatan Rusia.

KESIMPULAN
Informasi dalam video tentang peluncuran rudal terbesar di dunia milik Indonesia, adalah tidak benar. Faktanya, video merupakan hasil suntingan dari sejumlah video tentang peluncuran rudal dan roket yang tidak terkait dengan klaim narasi video tersebut.

SUMBER FAKTA:

  1. https://cekfakta.tempo.co/fakta/2279/keliru-video-peluncuran-rudal-terbesar-di-dunia-milik-indonesia

  2. https://youtu.be/q1cHL9btYYQ

  3. https://youtu.be/T4dKCa7yVD0

  4. https://www.istockphoto.com/en/video/animation-of-missile-launch-gm1289375998-385071295

  5. https://youtu.be/EeA8gzhXXmc

  6. https://www.inews.id/news/internasional/rudal-terbesar-di-dunia-ada-yang-bisa-bantai-jutaan-warga-new-york/all

Bagikan: