[HOAKS] - INFO LOWONGAN KERJA MENGATASNAMAKAN TOKOPEDIA

Share :        
Jumat, 05 Agu 2022

DISINFORMASI
Beredar pesan berantai melalui aplikasi Whatsapp yang mengatasnamakan Departemen SDM di Tokopedia (Cabang Indonesia), bahwa sedang mencari karyawan paruh waktu secara online berusia 23-60 tahun dengan bekerja cukup menggunakan ponsel.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, dalam akun twitter resmi @TokopediaCare (02/08/2022) telah diinformasikan pesan tersebut bukan berasal dari Tim Tokopedia.

"Halo Toppers, kami infokan bahwa pihak yang menghubungi tersebut bukan dari Tim Tokopedia ya, mohon dapat diabaikan dan mohon untuk tidak mengikuti arahan dari pihak tersebut atau melakukan transfer kepada pihak tersebut ya," tulis akun @TokopediaCare.

Selain itu, dilaporkan dalam kompas.com (26/07/2022) Head of Recruitment Tokopedia, Lita Rosalia mengatakan, banyak beredar penipuan lowongan pekerjaan yang mengatasnamakan Tokopedia.

Menurut Lita, langkah awal untuk menghindari terjebak lowongan palsu yang mencatut nama Tokopedia adalah mengecek sumber informasinya.

“Jika menerima tawaran pekerjaan yang mengatasnamakan Tokopedia, pastikan posisi yang ditawarkan ada di kanal resmi Tokopedia, seperti website, Instagram @InsideTokopedia atau Linkedln Tokopedia,” jelas Lita.

Apabila menerima informasi lowongan melalui email, Lita meminta masyarakat untuk mengecek domain email yang digunakan. "Tokopedia hanya akan mengirimkan email dari domain @tokopedia.com. Harap waspada apabila menerima email dari domain lain, seperti @tokopedia.co.id, @gmail.com dan lain-lain karena itu pasti bukan dari Tokopedia," ucapnya.

KESIMPULAN
Informasi tentang pesan mengatasnamakan Departemen SDM di Tokopedia (Cabang Indonesia) sedang mencari karyawan paruh waktu secara online, adalah tidak benar. Faktanya, pesan tersebut bukan dari Tim Tokopedia dan diimbau kepada masyarakat untuk menghindari terjebak lowongan palsu dengan mengecek sumber informasi di kanal resmi seperti website, email, dan media sosial.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten Tiruan/ Tipuan (Imposter Content)

Sumber Fakta:
1. https://twitter.com/TokopediaCare/status/1554377715276517377?s=20&t=550juhmUloP4cVHxoR1pHQ
2. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/07/26/150531382/waspada-beredar-pesan-wa-mengatasnamakan-lowongan-kerja-tokopedia?page=all
3. https://rri.co.id/humaniora/info-publik/1564825/cek-fakta-lowongan-kerja-mengatasnamakan-tokopedia