[HOAKS] - JOE BIDEN BERENCANA MEMBUNUH PRESIDEN UKRAINA

Share :        
Selasa, 26 Jul 2022

DISINFORMASI
Beredar informasi di media sosial Facebook mengenai Presiden AS Joe Biden berencana membunuh Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks, klaim bahwa Presiden AS Joe Biden berencana membunuh Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky adalah tidak benar.

Dikutip dari laman kompas.com (23/07/2022) Biden diketahui telah menyuarakan dukungannya untuk Zelensky. Tak hanya itu, Amerika Serikat juga telah mengirimkan miliaran senjata dan pelatihan militer untuk membantu Ukraina memerangi invasi Rusia.

Fakta-fakta tersebut membuat narasi yang menyebut Biden berencana membunuh Zelensky sulit dipercaya. Video yang beredar dan dibagikan di Facebook juga tidak menyertakan bukti rekaman suara yang menunjukkan Biden berencana membunuh Zelensky, seperti yang diklaim.

Selain itu, video juga tidak mencantumkan sumber yang kredibel untuk menguatkan klaim tersebut. “Kami juga tidak dapat menemukan apa pun di internet yang mendukung klaim tersebut” tulis PolitiFact.

Diketahui bahwa istri Zelensky, ibu negara Ukraina Olena Zelenska, mengunjungi Gedung Putih dan bertemu dengan keluarga Biden pada 19 Juli 2022. Gedung Putih mengatakan, dalam pertemuan tersebut Zelensky dan ibu negara AS Jill Biden membahas dukungan berkelanjutan Amerika Serikat untuk pemerintah Ukraina dan rakyatnya.

Sebelumnya pada 15 Juni 2022, Biden dan Zelensky berbicara melalui telepon. Dalam perbicaraan itu, Biden menegaskan komitmennya mendukung Zelensky dan Ukraina yang digempur Rusia.

“Pagi ini, Saya berbicara dengan Presiden Zelensky untuk membahas perang brutal dan berkelanjutan Rusia melawan Ukraina,” kata Biden.

“Saya menegaskan kembali komitmen saya bahwa Amerika Serikat akan mendukung Ukraina karena membela demokrasinya dan mendukung kedaulatan dan integritas teritorialnya dalam menghadapi agresi Rusia yang tidak beralasan,” ucapnya.

Dalam pembicaraan itu, Biden mengatakan bahwa Amerika Serikat memberikan tambahan bantuan keamanan sebesar 1 miliar dollar AS untuk Ukraina, termasuk artileri tambahan dan senjata pertahanan pantai, serta amunisi untuk artileri dan sistem roket canggih yang dibutuhkan Ukraina untuk mendukung operasi pertahanan mereka di Donbas.

KESIMPULAN
Informasi bahwa Presiden AS Joe Biden berencana membunuh Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, adalah tidak benar. Faktanya, Biden telah menegaskan komitmennya melalui telepon kepada Zelensky pada 15 Juni 2022, untuk  mendukung Zelensky dan Ukraina yang digempur Rusia.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:
1. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/07/23/101000082/cek-fakta--benarkah-presiden-as-joe-biden-berencana-membunuh-presiden?page=1
2. https://www.whitehouse.gov/briefing-room/statements-releases/2022/06/15/statement-by-president-joe-biden-on-support-for-ukraine-and-call-with-president-zelenskyy-of-ukraine/
3. https://www.politifact.com/factchecks/2022/jul/21/facebook-posts/no-biden-didnt-threaten-kill-zelenskyy/