Jala Hoaks Jakarta

[HOAKS] - JET TEMPUR NATO BETERBANGAN DI LANGIT JAKARTA


Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Informasi Tidak Berhubungan (False Connection)
Kamis, 22 Des 2022

DISINFORMASI
Beredar sebuah video di media sosial Youtube berjudul "Indonesia dalam bahaya!! jet tempur NATO gentayangan langit Jakarta."

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, isi video menjelaskan tentang Pemerintah Indonesia yang sedang melakukan penjajakan kerjasama dengan Irkut Corporation dari Rusia untuk memproduksi jet tempur Yak-130, namun tidak ada informasi mengenai ancaman jet tempur NATO seperti yang dituliskan pada judul video.

Video menjelaskan tentang Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menerima kunjungan dari Direktur Jenderal Irkut Corporation Andrey Boginskiy di di Istana Kepresidenan Jakarta pada 3 November 2022. Pertemuan itu membahas kemungkinan kerja sama Irkut dengan PT Dirgantara Indonesia.

Selain itu, dalam video juga disebutkan tentang spesifikasi dan fitur yang dimiliki oleh jet tempur Yak-130. Tidak ada informasi mengenai ancaman jet tempur NATO seperti yang dituliskan pada judul video.

Video memuat potongan dari beberapa video mengenai jet tempur yang pernah diunggah. Salah satunya, cuplikan dari video channel Youtube Rosoboronexport yang diunggah pada 17 Juni 2022.

KESIMPULAN
Informasi dalam video berjudul "Indonesia dalam bahaya!! jet tempur NATO gentayangan langit Jakarta," adalah tidak benar. Faktanya, video menjelaskan tentang Pemerintah Indonesia yang sedang melakukan penjajakan kerjasama dengan Irkut Corporation dari Rusia untuk memproduksi jet tempur Yak-130, namun tidak ada informasi mengenai ancaman jet tempur NATO seperti yang dituliskan pada judul video.

SUMBER FAKTA:

  1. 1.       https://turnbackhoax.id/2022/12/15/salah-ancaman-bahaya-jet-tempur-nato-terbang-di-langit-jakarta/

  2. 2.       https://kabartangsel.com/cek-fakta-salah-ancaman-bahaya-jet-tempur-nato-terbang-di-langit-jakarta/

  3. 3.       https://www.cnnindonesia.com/nasional/20221103180811-20-869210/pemerintah-jajaki-kerja-sama-dengan-rusia-produksi-jet-tempur-yak-130

Bagikan: