[HOAKS] - KABAR DARI SINGAPURA: MATIKAN PONSEL DAN LAPTOP DINI HARI KARENA RADIASI KOSMIK

Share :        
Jumat, 26 Agu 2022

DISINFORMASI
Beredar informasi di media sosial Facebook berupa imbauan untuk mematikan ponsel dan laptop pada pukul 00.30 hingga 03.30 pagi lantaran adanya radiasi kosmik yang melintas ke bumi.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui bahwa hal tersebut tidak benar. Informasi tersebut merupakan hoaks lama yang sudah dibantah oleh pihak Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Dilansir dari detik.com (16/02/2016), pesan tersebut sudah dibantah oleh Kepala Pusat Sains Antariksa LAPAN, Clara Y. Yatini kala itu. Ia menyatakan bahwa informasi tersebut hoaks. Menurutnya, bumi terlindungi dari sinar kosmik karena memiliki lapisan magnetosfer. Apalagi sinar tersebut bukan hanya malam ini melewati bumi, tetapi hampir setiap saat sehingga tidak perlu dikhawatirkan.

"Itu (broadcast) hoaks. Bumi pada umumnya terlindung dari sinar kosmik karena adanya magnetosfer," ucap Clara.

Magnetosfer adalah lapisan medan magnet yang menyelubungi benda angkasa. Magnetosfer ini menjangkau ribuan kilometer ke antariksa. Fungsinya di antara lain melindungi bumi dari puncak badai matahari yang disebut bisa menghancurkan bumi, menahan radiasi dan membelokkan partikel-partikel bermuatan serta angin matahari yang dapat membahayakan aktivitas manusia.

KESIMPULAN
Informasi mengenai imbauan untuk mematikan ponsel dan laptop dini hari dikarenakan ada radiasi kosmik, adalah tidak benar. Faktanya, sinar kosmik melewati bumi hampir setiap saat sehingga tidak perlu dikhawatirkan. Selain itu, bumi terlindungi dari sinar kosmik karena memiliki lapisan magnetosfer.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:
1. https://news.detik.com/berita/d-3145130/pesan-berantai-bahaya-sinar-kosmik-yang-melewati-bumi-malam-hari
2. https://belitung.tribunnews.com/2018/07/27/beredar-pesan-bahaya-radiasi-cahaya-cosmic-pukul-0030-dini-hari-begini-penjelasan-lapan?page=2
3. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/08/24/141400182/-hoaks-imbauan-matikan-ponsel-dan-laptop-karena-radiasi-kosmik?page=all#page2