[HOAKS] - KARENA MENGHINA IDOL K-POP, ANGGOTA POLISI DIMUTASI KE PAPUA BARAT

Share :        
Jumat, 27 Mei 2022

DISINFORMASI

Beredar tangkapan layar sebuah judul artikel dilengkapi logo kantor berita CNN Indonesia. Artikel tersebut berjudul "Anggota Polisi Ini Dimutasi ke Papua Barat karena Anaknya Hina Idol K-Pop".

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks, bahwa informasi tersebut adalah tidak benar. Dari situs cnnindonesia.com tidak ada pemberitaan dengan judul “Anggota Polisi ini dmutasi ke Papua Barat karena anaknya hina Idol K-Pop”.

Didapatkan berita aslinya dari situs cnnindonesia tanggal 30 Desember 2021 pukul 13.33 Wib dengan judul “Polisi penolak laporan warga Pulogadung di mutase ke Papua Barat.

Dilansir dari laman kompas.com (23/05/2022) Seorang anggota polisi dimutasi ke Papua Barat karena anaknya menghina idol K-Pop mulai beredar di media sosial setelah terjadi kasus Safa Space yang ramai di media sosial Twitter.

Kasus tersebut terjadi dikarenakan keribuatan antara seorang warganet bernama Safa dengan penggemar idol group asal Korea Selatan, NCT Dream.

Seorang pengiat media sosial twitter @NdoroTedjo, membenarkan bahwa telah terjadi perseteruan antara seorang warganet dengan fans NCT Dream.

Seorang pengiat media sosial twitter menjelaskan, perseteruan bermula ketika Safa yang dianggap menghina anggota NCT Dream. Para Penggemar pun membuatkan forum Space bertajuk “Safa Space” sebagai tempat berdiskusi kedua pihak.

Tak lama setelah forum digelar, rekaman isi diskusi dalam Space tersebar hingga menjadi topik perbincangan di media sosial berlogo burung biru tersebut.

KESIMPULAN

Judul artikel dilengkapi logo kantor berita CNN Indonesia yang berjudul "Anggota Polisi Ini Dimutasi ke Papua Barat karena Anaknya Hina Idol K-Pop" adalah tidak benar. Faktanya, yang beredar tersebut adalah foto berita berbeda dengan judul “Polisi Penolak Laporan Warga Pulogadung Dimutasi ke Papua Barat" pada 30 Desember 2021 pukul 13.33 WIB.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Sindiran/Parodi (Satire or Parodi)

Sumber Fakta

1. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/05/23/170700082/-hoaks-berita-soal-polisi-dimutasi-ke-papua-barat-karena-anaknya-hina?page=all

2. https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-hoaks-soal-anggota-polisi-dimutasi-karena-anaknya-hina-k-pop.html

3. https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4968282/cek-fakta-hoaks-artikel-cnn-indonesiacom-berjudul-anggota-polisi-ini-dimutasi-ke-papua-barat-karena-anaknya-hina-idol-k-pop