Jala Hoaks Jakarta

[HOAKS] - KEPOLISIAN KIRIM WHATSAPP SURAT TILANG DENGAN FILE APK


Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten Buatan (Fabricated Content)
Selasa, 21 Mar 2023

DISINFORMASI
Beredar sebuah pesan WhatsApp yang mengaku dari pihak kepolisian dan menyatakan bahwa penerima pesan telah melakukan pelanggaran lalu lintas. Pelaku meminta penerima pesan untuk membuka surat tilang dengan jenis file APK.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, dilaporkan dalam kompas.com (17/03/2023) bahwa surat tilang bagi pelanggar Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) dari pihak kepolisian tidak dikirimkan melalui pesan WhatsApp, terlebih berformat APK.

Melalui sistem tilang ETLE, pemilik kendaraan yang melanggar lalu lintas akan dikirimi surat konfirmasi tilang ke alamat terdaftar melalui PT Pos Indonesia. Surat konfirmasi dikirimkan dalam format surat dalam beberapa lembaran kertas berisikan foto, waktu, dan tempat terjadinya pelanggaran lalu lintas. Tersedia pula QR Code untuk melihat bukti pelanggaran lewat online.

Modus penipuan menggunakan file APK bukan kali pertama terjadi. Sebelumnya, penipuan serupa pernah terjadi dengan modus berpura-pura menjadi kurir jasa ekspedisi, petugas PLN, undangan pernikahan, dan Ditjen Pajak.

Bagi para korban yang terlanjur mengunduh file APK, perlu mewaspadai karena saldo mobile banking atau m-banking tanpa sepengetahuan dapat tiba-tiba ludes.

Selain itu, pakar keamanan siber dari Vaksincom, Alfons Tanujaya mengungkapkan penipuan kali ini menggunakan cara kerja yang sama dengan sebelumnya.

"Iya, cara kerjanya persis sama, hanya tema penipuannya saja diubah jadi surat tilang," ujarnya, Jumat (17/03/2023).

KESIMPULAN
Informasi dalam pesan WhatsApp yang mengaku dari Kepolisian dan mengirimkan surat tilang dalam format file APK, adalah tidak benar. Faktanya, surat tilang bagi pelanggar ETLE dari pihak kepolisian tidak dikirimkan melalui pesan WhatsApp, terlebih berformat APK. Masyarakat diimbau untuk mewaspadai beredarnya pesan penipuan dalam berbagai modus dengan mengirimkan file APK.

SUMBER FAKTA:

  1. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230318203726-37-422877/waspada-penipuan-berkedok-surat-tilang-via-wa-ini-yang-asli

  2. https://www.kompas.com/tren/read/2023/03/17/140000265/penipuan-modus-surat-tilang-yang-kirim-file-apk-via-whatsapp-kenali-cara?page=all

  3. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20230317075241-192-926193/4-alasan-abaikan-chat-kiriman-surat-tilang-di-whatsapp-modus-penipuan

Bagikan: