[HOAKS] - KONSPIRASI, VAKSINASI COVID-19 UNTUK MEMASANG MICROCHIP PADA MANUSIA

Share :        
Rabu, 27 Jul 2022

DISINFORMASI

Beredar sebuah cuplikan video di media sosial Twitter seorang pendeta yang sedang menjelaskan mengenai vaksin yang terdapat microchip 666. Diinformasikan bahwa pemasangan microchip pada tubuh manusia melalui vaksin Covid-19.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, terkait pemasangan microchip pada tubuh manusia melalui vaksin telah dilaporkan dari laman berita cnbcindonesia.com (06/10/2021) bahwa Spesialis Penyakit Menular Pediatric Fakultas Kedokteran Universitas Maryland Matt Laurens mengatakan meski ada video yang viral mengklaim chip dalam vaksin membuat lengan orang menjadi magnet, konspirasi tersebut salah.

"Itu tidak mungkin sejauh ukuran yang dibutuhkan untuk microchip itu," kata Laurens dilansir dari CNBC International, Rabu (6/10/2021). "Kedua, microchip itu harus memiliki sumber daya yang terkait, dan selain itu, sumber daya itu harus mengirimkan sinyal melalui setidaknya satu inci otot, lemak, dan kulit ke perangkat jarak jauh, yang sekali lagi, tidak bisa. Maka teori ini tidak masuk akal."

Selain itu, informasi tentang vaksin yang terdapat microchip 666 telah diklarifikasi oleh salah satu akun penangkal hoaks turnbackhoax.id (19/07/2022) bahwa informasi tersebut pernah beredar sebelumnya di awal kemunculan covid-19 di Indonesia.

Salah satu artikel tersebut diverifikasi di laman turnbackhoax.id pada 7 Mei 2020 berjudul “[SALAH] menteri kesehatan America sdh menandatangani persetujuan penggunaan chip 666 untuk virus corona”. Dengan demikian, klaim vaksin terdapat microchip 666 adalah tidak benar dan masuk ke dalam konten yang menyesatkan.

KESIMPULAN

Informasi dalam video tentang pemasangan microchip pada tubuh manusia melalui vaksin Covid-19, adalah tidak benar. Faktanya, Dokter Spesialis Penyakit Menular Pediatric Fakultas Kedokteran Universitas Maryland Matt Laurens mengatakan bahwa teori tersebut tidak masuk akal karena ukuran chips masih terlalu besar untuk dimasukkan.

Kategori Informasi: Disinformasi

Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:

1. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20211006125253-37-281826/ini-alasan-vaksin-covid-19-tidak-mungkin-disusupi-microchip

2. https://turnbackhoax.id/2022/07/19/salah-vaksin-covid-19-fungsinya-untuk-mengontrol-manusia-bukan-untuk-kesehatan/

3. https://covid19.go.id/kipi/salah-vaksin-covid-19-fungsinya-untuk-mengontrol-manusia-bukan-untuk-kesehatan