[HOAKS] - KPK MENGGELEDAH PAKSA KANTOR GUBERNUR ANIES BASWEDAN

Share :        
Rabu, 18 Mei 2022

DISINFORMASI

Beredar sebuah video yang berjudul "Breaking News!! Penggeledahan Paksa KPK, Kelakuan Busvk Anies Terbongkar" di media sosial Facebook  

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks, diketahui bahwa video yang berjudul "Breaking News!! Penggeledahan Paksa KPK, Kelakuan Busvk Anies Terbongkar" adalah Tidak Benar.

Dilansir dari laman cekfakta.com (10/05/2022) ditemukan fakta bahwa sampai saat ini, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hingga kini belum melakukan pengeledahan kepada satu orang pun yang diduga turut ikut dalam penggelapan dana Formula E.  

Seperti yang disampaikan oleh Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata menyebutkan bahwa KPK sedang melakukan perbandingan pelaksanaan Formula E di Indonesia dengan negara-negara lain. KPK juga mengembangkan penyelidikan dengan meminta keterangan dari sejumlah pihak terkait proyek tersebut.

Sementara itu, tautan video YouTube yang dibagikan itu ternyata sama sekali tidak membahas soal penggeledahan paksa KPK terhadap Anies Baswedan, sebagaimana yang dituduhkan di judul.

Dalam video itu pun menyampaikan hal serupa seperti berbagai pemberitaan lain, yakni KPK hingga sekarang masih melakukan penyelidikan berupa pencarian informasi dan data-data mengenai Formula E.

KESIMPULAN

Video yang berjudul "Breaking News!! Penggeledahan Paksa KPK, Kelakuan Busvk Anies Terbongkar" adalah tidak benar. Faktanya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hingga kini belum melakukan pengeledahan kepada satu orang pun yang diduga turut ikut dalam penggelapan dana Formula E.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta :

1. https://cekfakta.com/focus/9757

2. https://www.suara.com/news/2022/05/10/133631/cek-fakta-beredar-kabar-anies-baswedan-digeledah-kpk-imbas-penggelapan-dana-formula-e-benarkah