[HOAKS] - KANDUNGAN POVIDONE-IODIN (PVP-I) SABUN CAIR ANTISEPTIK TERUJI KLINIS AMPUH MEMBUNUH COVID-19

Share :        
Kamis, 14 Jan 2021

DISINFORMASI
Beredar informasi di media sosial mengenai kandungan Povidone-iodin (PVP-I) pada salah satu merk sabun cair antiseptik berdasarkan hasil penelitian disebut ampuh membunuh Covid-19.

[HASIL PENELUSURAN]
Berdasarkan hasil penelusuran, dilaporkan dalam liputan6.com (18/06/2020) Farmakolog Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof. Dr. Zullies Ikawati, Apt, mengatakan uji yg pernah dilakukan untuk Povidone-Iodine (PVP-I) adalah terhadap virus SARS-Cov (pemicu SARS) dan MERS, hasilnya memang memiliki aktivitas antivirus terhadap virus-virus tersebut. Sedangkan, untuk virus pemicu Covid-19,  SARS-CoV-2, belum ada pengujiannya.

"Tetapi mengingat bahwa itu sama-sama virus corona, dimungkinkan juga memiliki efek antiviral terhadap SARS-CoV-2," kata Zullies.

Dilansir dari kompas.com (17/06/2020), Dr. Panji Hadisoemarto MPH, Dosen Departeman Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran, menjelaskan salah satu obat luka memang mengandung bahan aktif PVP-I yang sifatnya sebagai antiseptik. PVP-I merupakan zat antimikroba yang mampu membunuh bakteri, jamur, protozoa, dan virus. Menurut Panji virus tidak bertahan lama kalau terpapar zat antiseptik. Oleh sebab itu PVP-I memiliki kemampuan untuk membunuh virus mengingat adanya kandungan zat antiseptik.

Namun, terkait membunuh virus corona penyebab Covid-19, merujuk pada unggahan di media sosial, saat ini masih berdasarkan studi in vitro yang artinya masih dilakukan dalam tabung percobaan, bukan pada makhluk hidup. 

Panji menyatakan, sebagai obat luar, PVP-I tentu tidak semata-mata dijadikan satu-satunya alat yang efektif untuk membunuh virus. Sebab, mengingat penyebaran virus corona yang melalui droplet tidak hanya masuk lewat mulut, tetapi juga mata dan hidung. Jadi, jika virus sudah masuk ke dalam tubuh melalui mata atau hidung, maka sangat tidak mungkin digunakan PVP-I untuk membunuhnya.

Panji menekankan pentingnya menjalankan protokol kesehatan Covid-19 yang dinilai lebih ampuh dalam memutus rantai penyebaran virus corona. 

Masyarakat perlu tetap rajin mencuci tangan memakai sabun dengan air mengalir, menggunakan masker, pelindung wajah, dan menjaga jarak. Selain itu, melakukan pembersihan permukaan benda dengan disinfektan yang memang secara tidak langsung ampuh mencegah penularan.

KESIMPULAN
Informasi mengenai PVP-I pada salah satu merk sabun cair antiseptik berdasarkan hasil penelitian disebut ampuh membunuh Covid-19, belum dapat diverifikasi benar. Faktanya, uji yg pernah dilakukan untuk PVP-I adalah terhadap virus SARS-Cov (pemicu SARS) dan MERS, sedangkan untuk virus Corona pemicu Covid-19 belum ada pengujiannya.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konteks yang Salah (False Context)

Sumber Fakta: 
1. https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4282915/cek-fakta-belum-terbukti-kandungan-betadine-efektif-membunuh-999-persen-virus-penyebab-covid-19
2. https://www.kompas.com/sains/read/2020/06/17/070300023/kabar-viral-povidone-iodine-obat-luka-ampuh-bunuh-virus-corona-ini-kata?page=all
3. https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-benarkah-kandungan-betadine-efektif-membunuh-virus-covid-19-ini-faktanya.html
4. https://newsmaker.tribunnews.com/2020/06/18/povidone-iodin-pada-obat-merah-disebut-ampuh-membunuh-virus-corona-ini-kata-ahli