[HOAKS] - KAPAL SELAM KRI NANGGALA-402 SUDAH DITEMUKAN DAN SEMUA SELAMAT

Share :        
Kamis, 29 Apr 2021

DISINFORMASI
Beredar informasi di media sosial Facebook bahwa Kapal Selam KRI Nanggala-402 yang tenggelam kini sudah ditemukan dan semua selamat.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, dilaporkan dalam merdeka.com (28/04/2021) bahwa informasi tersebut adalah hoaks. Dalam artikel merdeka.com berjudul “Panglima Tentara Negara Indonesia Hadi Tjahjanto mengatakan Seluruh Awak Kapal Selam KRI Nanggala 402 Gugur" pada 25 April 2021, dijelaskan bahwa seluruh awak kapal KRI Nanggala 402 gugur saat bertugas.

Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, menyampaikan kabar duka terkait tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 402. Panglima TNI menuturkan, seluruh awak yang berada dalam kapal selam tersebut meninggal dunia. Berdasarkan informasi, ada 53 orang yang berada di dalam KRI Nanggala 402.

"Berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala 402 telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur," tutur Hadi dalam konferensi pers di Badung, Bali.

Suara Hadi terdengar berat saat mengabarkan informasi tersebut. Dia menyampaikan duka mendalam kepada seluruh keluarga awak kapal selam KRI Nanggala 402.

"Dengan kesedihan yang mendalam selaku Panglima TNI saya nyatakan bahwa 53 personel yang on board KRI Nanggala 402 telah gugur," kata Hadi.

KESIMPULAN
Informasi tentang Kapal Selam KRI Nanggala-402 yang tenggelam kini sudah ditemukan dan semua selamat, adalah tidak benar. Faktanya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto telah menjelaskan bahwa seluruh awak yang berada dalam kapal selam tersebut meninggal dunia.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta
1.      https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-hoaks-kabar-seluruh-awak-kapal-kri-nanggala-402-selamat.html
2.      https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4542332/cek-fakta-informasi-kapal-selam-naggala-402-ditemukan-semua-selamat-tak-sesuai-konteks
3.      https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/wkBWe4BK-cek-fakta-kri-nanggala-402-ditemukan-ini-faktanya