[HOAKS] - KAPAL SELAM KRI NANGGALA-402 TENGGELAM KARENA TEMBAKAN RUDAL PERANCIS

Share :        
Rabu, 28 Apr 2021

DISINFORMASI
Beredar informasi di media sosial bahwa kapal selam KRI Nanggala-402 tenggelam akibat terkena tembakan rudal kapal selam nuklir Perancis SSE Emeraude yang sedang menyaksikan latihan TNI di Selat Bali.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir dari laman berita kompas.com (26/04/2021), Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Mayjen TNI Achmad Riad, memastikan bahwa kabar KRI Nanggala-402 tenggelam terkena rudal adalah hoaks.

"Tidak benar," kata Raid, Senin (26/4/2021).

Diberitakan sebelumnya, analisis awal tenggelamnya KRI Nanggala-402 lebih pada faktor alam.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Yudo Margono, mengatakan dari sejumlah laporan awal penyebab tenggelamnya kapal selam buatan Jerman ini juga bukan karena kesalahan manusia mau pun black out atau mati listrik.

"Sudah kita evaluasi dari awal, saya berkeyakinan ini bukan human error dan lebih kepada faktor alam," jelas Yudo.

Kendati demikian, pihaknya perlu mengangkat badan kapal terlebih dahulu untuk mengetahui penyebab pasti tenggelamnya kapal selam itu. Yudo berkeyakinan tidak ada kelalaian manusia karena saat proses menyelam sudah melalui semua prosedur yang ada.

Terkait keretakan yang dialami KRI Nanggala, Yudo menyebut penyebabnya adalah tenggelamnya kapal yang berada di luar jangkauan kedalaman maksimal. Sesuai saran pabrikannya, KRI Nanggala-402 dapat menyelam pada kedalaman 250-500 meter, namun diduga kapal tersebut tenggelam hingga kedalaman 850 meter di bawah permukaan laut.

"Dengan ditemukannya peralatan yang sudah keluar ini, terjadi keretakan. Karena memang terjadi tekanan kedalaman yang sekian dalamnya sampai 700-800 meter ini tentunya terjadi keretakan terhadap kapal selam tersebut," ujarnya.

Selain itu, telah diklarifikasi dalam medcom.id (26/04/2021), klaim bahwa kapal selam KRI Nanggala-402 tenggelam karena terkena tembakan rudal Prancis adalah tidak berdasar.

KESIMPULAN
Informasi bahwa kapal selam KRI Nanggala-402 tenggelam karena terkena rudal Perancis, adalah tidak benar. Faktanya, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI telah memastikan bahwa kabar tersebut adalah hoaks dan analisis awal tenggelamnya KRI Nanggala-402 lebih pada faktor alam.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:
1. https://www.kompas.com/tren/read/2021/04/26/161500565/hoaks-kri-nanggala-402-tenggelam-ditembak-rudal-kapal-selam-perancis?page=all#page2
2. https://m.medcom.id/telusur/cek-fakta/zNPZe6Ok-cek-fakta-kapal-selam-kri-nanggala-402-tenggelam-karena-terkena-rudal-prancis-ini-faktanya
3. https://m.merdeka.com/amp/cek-fakta/cek-fakta-tidak-benar-kri-nanggala-402-terkena-tembak-rudal-kapal-selam-prancis.html