[HOAKS] - KEBAKARAN PESANTREN MEMAKAN KORBAN RATUSAN SANTRI DAN DUA GURU

Share :        
Senin, 11 Jul 2022

DISINFORMASI

Beredar tautan di Facebook yang mengarahkan kepada artikel dengan klaim terjadinya kebakaran di pesantren Al Quran yang memakan korban 100 orang santri dan dua orang guru.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran tim Jalahoaks diketahui hal tersebut tidak benar. Dilansir dari kompas.com, diketahui bahwa pemberitaan yang sebenarnya ialah kebakaran di Liberia yang hanya menewaskan 27 siswa di sekolah Islam di Ibu kota Liberia, Monrovia pada 2019. Diketahui bahwa kebakaran itu terjadi ketika sejumlah siswa sedang belajar Al Quran di kelas.

Presiden Liberia George Weah pun telah mengkonfirmasi insiden tersebut. "Doa saya untuk keluarga anak-anak yang meninggal tadi malam. Akibat kebakaran maut yang melalap gedung sekolah mereka," ucap Weah. "Ini adalah waktu yang sulit bagi keluarga para korban dan seluruh Liberia. Belasungkawa terdalam disampaikan kepada Keluarga yang ditinggalkan dan seluruh komunitas Islam," katanya.

Adapun, untuk gambar yang ada dalam artikel diketahui dari peristiwa kebakaran di Kantor Bupati Melawi, Kalimantan Barat pada 19 November 2016. Gambar itu digunakan dalam artikel detik.com dengan judul artikel “Penyebab Kebakaran di Kantor Bupati Melawi Kalbar Diduga Arus Pendek.” Gambar tersebut tidak ada kaitannya dengan peristiwa kebakaran di Liberia.

KESIMPULAN

Klaim tautan artikel kebakaran di pesantren Al Quran yang memakan korban hingga 100 orang adalah tidak benar. Faktanya, pemberitaan kebakaran yang sebenarnya ialah terjadi di Liberia dengan korban jiwa 27 orang siswa di sekolah Islam, di Ibu kota Liberia, Monrovia pada 2019. Sedangkan, foto yang digunakan dalam artikel itu berasal dari peristiwa kebakaran Kantor Bupati Melawi Kalimantan Barat pada 19 November 2016.

Kategori Informasi: Disinformasi

Kategori Hoaks:  Konteks yang Salah (False Context)

Sumber Fakta:

1. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/07/05/151500182/-hoaks-seratus-santri-dan-dua-guru-ponpes-al-quran-tewas-dalam?page=all#page2

2. https://www.aa.com.tr/en/africa/liberia-fire-at-islamic-school-kills-27-students/1587548

3. https://news.detik.com/berita/d-3349181/penyebab-kebakaran-di-kantor-bupati-melawi-kalbar-diduga-arus-pendek