[HOAKS] - KESALAHAN PEMAKAIAN BRA MENYEBABKAN KANKER PAYUDARA

Share :        
Selasa, 07 Jun 2022

DISINFORMASI

Beredar sebuah unggahan di media sosial Facebook yang menyebutkan bahwa kanker payudara disebabkan oleh pemakaian bra yang tidak dicuci, bra hitam di musim panas, dan menggunakan bra saat tidur serta memakai bra berkawat.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, dikutip dari halodoc.com (06/11/2020), dengan melansir dari laman UAMS Health, para dokter menyatakan bahwa jenis bra kawat maupun pakaian dalam yang ketat lainnya tidak ada hubungannya dengan risiko kanker payudara.

Selain itu, tidak ada bukti ilmiah satupun yang mendukung rumor yang telah beredar dikalangan wanita ini. Jadi, tidak ada perbedaan risiko antara wanita yang mengenakan bra kawat dan yang mengenakan bra biasa maupun tidak mengenakan bra. Semua wanita berisiko mengidap kanker payudara.

Sedangkan, dilansir dari detik.com (16/06/2017), klaim bra yang tidak dicuci dan menggunakan bra saat tidur, menurut dokter kandungan dan juga konsultan onkologi dari RS Cipto Mangunkusumo, dr Sigit Purbadi, SpOG(K)Onk, mengatakan pencegahan kanker payudara tidak berhubungan dengan kebiasaan mencuci bra setiap hari dan tidak memakai bra saat tidur.

Mencuci bra lebih terkait pada faktor kebersihan, terutama di area kulit sekitar payudara. Jika Anda tidak mencuci bra dengan rutin, maka Anda lebih berisiko gatal-gatal atau iritasi pada kulit.

Sementara kebiasaan tidak memakai bra saat tidur juga dikatakan dr Sigit tak memengaruhi risiko kanker payudara. Sebuah studi di tahun 2014 yang dilakukan Fred Hutchinson Cancer Research Center, Seattle menemukan bahwa bra tidak terbukti berpengaruh terhadap risiko kanker payudara.

Selain itu, telah diklarifikasi oleh cekfakta.tempo.co (03/06/2022) bahwa klaim kanker payudara disebabkan penggunaan bra berkawat dan bra tidak dicuci adalah keliru.

KESIMPULAN

Informasi tentang kanker payudara disebabkan penggunaan bra berkawat dan bra tidak dicuci, tidak dapat diverifikasi benar. Faktanya, jenis bra kawat maupun pakaian dalam yang ketat lainnya tidak ada hubungannya dengan risiko kanker payudara serta pencegahan kanker payudara tidak berhubungan dengan kebiasaan mencuci bra setiap hari dan tidak memakai bra saat tidur.

Kategori Informasi: Disinformasi

Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta :

1. https://www.halodoc.com/artikel/benarkah-memakai-bra-kawat-tingkatkan-risiko-kanker-payudara

2. https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-3532747/cuci-bra-setiap-hari-bisa-cegah-kanker-payudara-ini-kata-dokter

3. https://cekfakta.tempo.co/fakta/1726/keliru-kanker-payudara-disebabkan-penggunaan-bra-berkawat-dan-bra-tidak-dicuci