[HOAKS] - KETUM PDIP MEGAWATI SOEKARNOPUTRI MENINGGAL DUNIA

Share :        
Senin, 13 Sep 2021

DISINFORMASI
Beredar informasi di media sosial Twitter bahwa Ketua Umum Partai PDIP (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan) Megawati Soekarnoputri, telah meninggal dunia.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, dilaporkan dalam pikiran-rakyat.com (12/09/2021) bahwa Megawati Soekarnoputri meninggal dunia adalah kabar bohong alias hoaks dan tidak ada informasi resmi dan valid yang menyebutkan bahwa Presiden Kelima Indonesia itu meninggal dunia.

Dilansir dari liputan6.com (11/09/2021), Megawati Soekarnoputri mengaku heran kepada pihak-pihak yang menebar hoaks atau berita bohong terkait dirinya yang tengah sakit. Dia menegaskan saat ini dalam kondisi sehat dan masih aktif menjalankan tugas sebagai Ketum PDIP.

Hal ini disampaikan Megawati saat menghadiri pembukaan kegiatan Sekolah Partai Pendidikan untuk Kader Madya secara virtual, Jumat (10/09/2021). Dia didampingi Kader PDIP Olly Dondokambey dari kediamannya di Jalan Teuku Umar Jakarta.

"Saya sendiri sampai berpikir kok ada saja ya orang," ucap Megawati sebagaimana ditayangkan di Youtube PDI Perjuangan, Jumat (10/09/2021).

Bahkan, kata dia, ada mantan menterinya yang mengirimkan gambar seolah-olah sosok Megawati tengah terbaring sakit di Rumah Sakit. Mantan menteri ini pun meminta sekretaris Megawati agar kondisi Presiden ke-5 RI itu tak ditutup-tutupi.

"Saya bilang sama sekretaris saya kamu ndak usah ngamuk-ngamuk lah. Biarkan sajalah orang. Sampai saya bilang, kita ini kan ada yang punya serahkan saja sama yang punya, kalau mereka sendiri mungkin lupa sampai bisa membuat hoaks yang sangat mengarah kepada kita. Kalau menurut saya sesuatu berlebihan," jelasnya.

Megawati menceritakan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto pun sampai jengkel mendengar kabar hoaks yang beredar. Oleh sebab itulah, Megawati diminta tampil di media untuk membuktikan ke publik bahwa dirinya dalam kondisi sehat dan tak sakit.

"Alhamdulillah saudara sekalian, anak-anakku, dan termasuk rekan-rekan pers yang juga banyak menanyakan kondisi saya beberapa hari lalu. Makanya saya disuruh mejeng ya beginilah saya masih tetap aktif," ujar Megawati.

Kendati begitu, dia menyampaikan terima kasih atas doa baik dan perhatian yang diberikan masyarakat kepadanya.

"Alhamdulillah, saya dalam keadaan sehat walafiat, tidak kurang suatu apa pun. Terima kasih atas perhatian dan doa'nya," kata dia.

KESIMPULAN
Informasi mengenai Ketua Umum Partai PDIP Megawati Soekarnoputri telah meninggal dunia, adalah tidak benar. Faktanya, Megawati Soekarnoputri menegaskan saat ini dalam kondisi sehat dan masih aktif menjalankan tugas sebagai Ketum PDIP.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konteks/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:
1. https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4655534/cek-fakta-hoaks-kabar-megawati-soekarnoputri-sakit-dan-dirawat-di-rs-pada-10-september-2021
2. https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/zNPOQV7K-cek-fakta-akun-yotube-ini-unggah-video-megawati-meninggal-dunia-simak-faktanya
3. https://www.pikiran-rakyat.com/cek-fakta/pr-012582649/cek-fakta-sempat-diisukan-koma-benarkah-megawati-soekarnoputri-meninggal-dunia-simak-faktanya
4. https://www.kompas.com/tren/read/2021/09/11/075418865/4-penjelasan-pmi-dki-soal-hoaks-flyer-ucapan-duka-megawati-meninggal?page=all