[HOAKS] - KONSPIRASI: PREDIKSI PANDEMI VIRUS CORONA DI FILM CAPTAIN AMERICA 2011

Share :        
Jumat, 23 Sep 2022

DISINFORMASI

Beredar unggahan video di media sosial Instagram yang berisi cuplikan film Captain America disertai narasi bahwa film tersebut telah memprediksi adanya virus corona.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks, diketahui bahwa informasi tersebut keliru.

Akun Instagram @astro5d mengunggah video yang berisi tangkapan layar dari adegan di film Captain America: The First Avenger (2011). Terdapat dua tanda lingkaran dalam foto itu yang menunjukkan bahwa terdapat iklan 1 dan gambar virus corona di dalam adegan tersebut.

Melalui kanal youtube TopMovieClips pada menit 2:10 memang benar ada adegan Chris Evans, pemeran tokoh Captain Amerika, berdiri di Times Square, New York City  dan terdapat papan iklan bir corona dan sebuah gambar yang memperlihatkan bentuk virus yang dianggap sebagai virus corona.

Narasi semacam ini pernah muncul pada 2020. Pada 11 Juni 2020, salah satu pengkritik film di Amerika Serikat, William Mullaly melalui Twitter pribadinya, menunjukkan poster virus yang disangka covid-19. Dia mengatakan kalau gambar yang disangka virus itu sebenarnya adalah iklan untuk perusahaan makanan Italia Barilla. Gambar tersebut memperlihatkan spageti yang disusun menyerupai kembang api disertai dengan pesan: 'Bueone Feste' atau 'Selamat Liburan'. Kampanye iklan itu sudah dimulai sejak tahun 2010.

Dilansir dari kompas.com (21/09/2022), bir Corona pada papan iklan tersebut merupakan produk yang telah dijual di Amerika Serikat (AS) jauh sebelum virus corona menyebar. Pembuat bir Corona, Grup Modelo sudah memproduksi minuman ini di Mexico City pada 1920-an. Corona sendiri dalam bahasa Spanyol artinya crown atau mahkota. Mereka menjadikannya label di tutup botol bir Corona sejak tahun 1963.

KESIMPULAN

Informasi yang menyebut Captain America sudah memprediksi virus corona dalam filmnya di tahun 2011 adalah salah. Faktanya, baik iklan Corona Beer maupun iklan perusahan pangan yang dinarasikan berbentuk virus, tidak ada kaitannya dengan prediksi virus corona penyebab pandemi Covid-19.


Kategori Informasi: Disinformasi

Kategori Hoaks: Konten/Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:

1. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/09/21/163200882/-hoaks-film-captain-america-prediksi-covid-19-sejak-2011?page=all

2. https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4319423/cek-fakta-virus-corona-di-film-captain-america-ternyata-spageti

3. https://www.youtube.com/watch?v=gZa82Xz1nys&t=130s