[HOAKS] - KONSUMSI UDANG DAN VITAMIN C SECARA BERSAMAAN DAPAT MENYEBABKAN KEMATIAN

Share :        
Rabu, 02 Jun 2021

DISINFORMASI
Beredar informasi melalui aplikasi Whatsapp informasi bahwa mengonsumsi udang dan vitamin C secara bersamaan dapat menyebabkan keracunan arsenik yang mengakibatkan kematian.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, dilaporkan dalam merdeka.com (31/05/2021) bahwa klaim tentang vitamin C bisa mengubah elemen tak beracun menjadi racun arsenik yang berbahaya hingga menyebabkan kematian, tak didukung dengan dasar fakta yang jelas. Selain itu, belum pernah dilaporkan adanya korban keracunan makanan akibat mengonsumsi makanan laut dan vitamin C di saat yang bersamaan.

Arsenik adalah bahan alami yang terdapat di tanah dan mineral. Arsenik bisa masuk ke tubuh manusia melalui makanan, air, atau udara. Sementara itu, makanan laut seperti udang, cumi-cumi dan lainnya memang bisa menjadi kontributor arsenik bagi tubuh manusia. Meski begitu, arsenik yang ada dalam makanan adalah bentuk alami yang tidak begitu berbahaya dan vitamin C juga tidak memiliki zat yang bisa mengubah elemen tak beracun menjadi arsenik.

Berdasarkan standar nasional di Cina, satu kilogram udang hanya mengandung arsenik non-organik sebanyak 0,5 miligram. Bahkan jika semua arsenik non-organik diubah menjadi arsenik trioksida, seseorang harus setidaknya mengonsumsi 150 kilogram udang sekali makan untuk bisa menyebabkan keracunan.

Jadi, masyarakat tidak perlu khawatir ketika mengonsumsi vitamin C dan makanan laut. Namun juga sebaiknya jangan mengonsumsi terlalu banyak.

KESIMPULAN
Informasi bahwa mengonsumsi udang dan vitamin C secara bersamaan dapat menyebabkan keracunan arsenik yang mengakibatkan kematian, adalah tidak benar. Faktanya, arsenik yang ada dalam makanan adalah bentuk alami yang tidak begitu berbahaya dan vitamin C tidak memiliki zat yang bisa mengubah elemen tak beracun menjadi arsenik.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:
1. https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-tidak-benar-konsumsi-udang-dan-vitamin-c-menyebabkan-kematian.html
2. https://www.kominfo.go.id/content/detail/16998/disinformasi-mengkonsumsi-udang-dan-vitamin-c-secara-berbarengan-menyebabkan-kematian/0/laporan_isu_hoaks
3. https://bangka.tribunnews.com/2017/07/01/makan-udang-bareng-vitamin-c-bikin-mati-mendadak-ini-14-informasi-bohong-tentang-kesehatan
4. https://doktersehat.com/benarkah-makan-udang-dan-vitamin-c-bersamaan-bisa-memicu-kematian/
5. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2961660/makan-udang-dan-vitamin-c-bersamaan-bisa-berujung-kematian