[HOAKS] - LOGO WHO, IDI, DAN FARMASI TERINSPIRASI DARI LUCIFER DAN DAJAL

Share :        
Senin, 11 Jul 2022

DISINFORMASI
Beredar informasi di media sosial Facebook bahwa logo WHO, IDI, dan Farmasi sama seperti logo yang ada di Patung Lucifer. Sementara logo pada PBB dikaitkan dengan Dajal.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks, informasi terkait logo Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), IDI, dan Farmasi sama seperti logo yang ada di Patung Lucifer serta logo pada PBB yang dikaitkan dengan Dajal adalah tidak benar. Organisasi-organisasi tersebut memiliki latar belakang dan makna tersendiri dalam memilih logo.

Menurut situs resmi WHO, lambang tongkat dan ular telah lama menjadi simbol kedokteran dan profesi medis. Lambang tersebut berasal dari kisah Asclepius, yang dipuja oleh orang Yunani kuno sebagai dewa penyembuhan dan pemujaannya melibatkan penggunaan ular.

Sementara pohon zaitun dan peta dunia yang ada pada lambang PBB, merupakan simbol aspirasi bagi orang-orang di seluruh dunia, harapan, dan impian mereka akan perdamaian dan persatuan. 

Dilansir dari kompas.com (04/07/2022), sosok Lucifer berasal dari mitologi klasik Yunani yang dipersonifikasikan sebagai sosok laki-laki membawa obor. Sedangkan Dajal, merupakan sosok mesias palsu yang akan muncul sebelum akhir zaman dalam eskatologi Islam, yang kerap digambarkan sebagai sosok bermata satu dan huruf 'k-f-r' di dahinya.

Antara makna logo dan mitologi tersebut tidak saling berkaitan.

KESIMPULAN
Informasi bahwa logo WHO, IDI, dan Farmasi sama seperti logo yang ada di Patung Lucifer serta logo PBB terkait dengan Dajal, adalah tidak benar. Faktanya, tongkat dan ular merupakan lambang medis yang sudah lama dipakai dan terinspirasi dari Asclepius, dewa pengobatan dalam mitologi Yunani sehingga tidak ada kaitannya dengan mitologi atau eskatologi tentang Lucifer dan Dajal.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:
1. https://www.kompas.com/tren/read/2022/05/25/120000365/kenapa-lambang-who-dan-idi-ular-dan-tongkat-ini-penjelasannya?page=all
2. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/07/04/172336082/hoaks-logo-who-pbb-dan-idi-dikaitkan-dengan-lucifer-dan-dajal?page=all
3. https://www.who.int/about/policies/publishing/logo#:~:text=The%20staff%20with%20the%20snake,involved%20the%20use%20of%20snakes