Jala Hoaks Jakarta

[HOAKS] - LIMA MANFAAT MEROKOK UNTUK KESEHATAN


Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)
Kamis, 16 Mei 2024

DISINFORMASI

Beredar sebuah unggahan video di media sosial Facebook yang mengklaim terdapat lima manfaat merokok untuk kesehatan, diantaranya yaitu: mengurangi penyakit Parkinson, mempercepat penyembuhan penyakit jantung, mencegah asma dan alergi, membunuh kuman penyebab tuberkulosis, dan menekan risiko diabetes.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, dilaporkan dari laman berita cekfakta.tempo.co (30/04/2024), Guru Besar Universitas Indonesia, Prof. Dr. dr. Zubairi Djoerban, Sp.PD, KHOM, menjelaskan bahwa ada kemungkinan merokok mengurangi risiko penyakit Parkinson, radang usus, gangguan pada kandungan, dan risiko preeklamsia, tetapi buktinya tidak kuat.

“Yang paling penting adalah efek buruk dari merokok yang jauh lebih berat dari kemungkinan manfaat tadi. Jadi, stop merokok,” kata Zubairi melalui pesan suara kepada Tempo, Senin, 29 April 2024.

Kemungkinan manfaat tersebut tidak bisa membenarkan orang untuk merokok karena manfaat tersebut buktinya tidak kuat. Bukti yang kuat adalah efek samping merokok yang sangat buruk bagi kesehatan. 

Hal serupa juga disampaikan oleh Eva Sri Diana, Ahli Penyakit Paru. Menurut Eva, sel-sel yang berfungsi untuk membantu tubuh melawan virus atau kuman yang masuk menjadi mati karena efek nikotin pada rokok.

“Artinya, jangan merokok karena kita membuka peluang untuk masuk dan berkembangbiaknya virus atau kuman ke dalam tubuh,” kata Eva kepada Tempo.

Merokok juga tidak dapat mempercepat penyembuhan penyakit jantung, justru malah menyebabkan penyakit jantung. Rokok juga tidak dapat menekan obesitas dan Parkinson.

“Merokok hanya membuat orang sibuk sehingga tidak makan. Jadi bukan menekan risiko obesitas. Dua hal yang tidak ada hubungannya. Demikian pula merokok justru meningkatkan peluang risiko terkena stroke,” tegas Eva.

Adapun dalam website resmi Kementerian Kesehatan RI ayosehat.kemkes.go.id (10/02/2023) terdapat artikel berjudul "Dampak Buruk Rokok Bagi Perokok Aktif dan Pasif" yang menginformasikan bahwa selain penyakit kanker, terdapat beberapa dampak buruk lainnya yang mungkin terjadi pada para perokok aktif maupun pasif, di antaranya adalah:

1. Penyakit paru-paru kronis
2. Merusak gigi dan menyebabkan bau mulut
3. Menyebabkan stroke dan serangan jantung
4. Tulang mudah patah
5. Gangguan pada mata, salah satunya seperti katarak
6. Menyebabkan kanker leher rahim dan keguguran pada wanita
7. Menyebabkan kerontokan rambut.

KESIMPULAN

Informasi tentang lima manfaat merokok untuk kesehatan tidak dapat diverifikasi kebenarannya. Faktanya, merokok justru menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan.

SUMBER FAKTA:

  1. https://cekfakta.tempo.co/fakta/2875/menyesatkan-video-berisi-klaim-tentang-manfaat-rokok-bagi-kesehatan

  2. https://ayosehat.kemkes.go.id/dampak-buruk-rokok-bagi-perokok-aktif-dan-pasif

Bagikan: