[HOAKS] - LINK PENDATAAN DINAS KESEHATAN PROVINSI DKI JAKARTA UNTUK IMUNISASI COVID-19 TENAGA MEDIS DAN NON MEDIS

Share :        
Rabu, 21 Okt 2020

DISINFORMASI
Beredar pesan berantai melalui aplikasi WhatsApp yang menginformasikan tentang Pendataan Imunisasi Covid-19 untuk Tenaga Medis dan Non Medis oleh Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta. Pendataan dilakukan melalui link: https://forms.gle/j5rRHYJitJfrvBPn9 paling lambat 21 Oktober 2020 Pukul 23.00.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil koordinasi Tim Jalahoaks dengan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta (21/10/2020), diperoleh informasi bahwa Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta tidak pernah mengadakan Pendataan Imunisasi Covid-19 untuk Tenaga Medis dan Non Medis melalui sistem sebagaimana yang tercantum dalam pesan yang beredar.

Adapun kegiatan pendataan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta yakni melalui mekanisme pengiriman surat permohonan resmi yang ditandatangani oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dan ditujukan kepada seluruh fasilitas kesehatan di Provinsi DKI Jakarta. Format pendataan sesuai dengan lampiran surat dan kemudian dikumpulkan melalui Puskesmas sesuai dengan alamat dari setiap fasilitas kesehatan.

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta tidak bertanggung jawab terhadap data yang telah terinput ke dalam sistem yang beredar dan mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dengan pesan sejenis yang berasal dari oknum yang dapat menyalahgunaan data pribadi yang telah terkumpul dalam sistem tersebut.

KESIMPULAN
Informasi tentang Pendataan Imunisasi Covid-19 untuk Tenaga Medis dan Non Medis oleh Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta melalui link: https://forms.gle/j5rRHYJitJfrvBPn9, adalah tidak benar. Faktanya, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta telah membantah informasi tersebut dan menyatakan tidak bertanggung jawab terhadap data yang telah terinput ke dalam sistem yang beredar.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten Buatan (Fabricated Content)

Sumber Fakta:
1. Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta