[HOAKS] - LINK PROGRAM KUOTA BELAJAR KEMENDIKBUD PULSA RP 200.000 DAN KUOTA 95 GB PERIODE MARET-APRIL

Share :        
Jumat, 16 Apr 2021

DISINFORMASI
Beredar pesan berantai melalui aplikasi WhatsApp yang menginformasikan tentang link Program Kuota Belajar dari Kemendikbud sebesar Rp. 200.000,- dan kuota 95 GB untuk para dosen, guru, siswa, dan mahasiswa selama pembelajaran jarak jauh periode bulan Maret-April.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, telah diklarifikasi dalam website resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI kominfo.go.id (11/04/2021), bahwa informasi tentang subsidi pulsa sebesar Rp. 200.000,- dan kuota belajar 95 GB  mengatasnamakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) adalah palsu.

Link atau tautan tersebut merupakan kabar bohong lama yang kembali beredar dengan sedikit modifikasi. Pesan berantai serupa sebelumnya pernah dibahas dalam laporan isu hoaks di laman kominfo.go.id dengan judul "Link Bantuan Pulsa Rp.200 Ribu dan Kuota 75 GB dari Kominfo."

Selain itu, dilansir dari liputan6.com (14/04/2021), Plt. Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemendikbud, Hasan Chabibie, menyatakan bahwa informasi tautan pendaftaran subsidi pulsa 200 ribu dan kuota 95 GB dari Kemendikbud adalah hoaks. Menurut Hasan, informasi tersebut bukan program resmi Kemendikbud.

"Bukan program Kemendikbud," tegasnya.

Hasan mengungkapkan, informasi subsidi kuota internet bagi siswa, mahasiswa, guru, dan dosen hanya tersedia pada situs kuota-belajar.kemdikbud.go.id.

"Informasi resmi hanya ada di kuota-belajar.kemdikbud.go.id," ujarnya.

KESIMPULAN
Informasi tentang link Program Kuota Belajar dari Kemendikbud sebesar Rp. 200.000,- dan kuota 95 GB periode bulan Maret-April, adalah tidak benar. Faktanya, tautan tersebut merupakan kabar bohong lama yang kembali beredar dengan sedikit modifikasi. Informasi resmi terkait subsidi kuota internet bagi siswa, mahasiswa, guru, dan dosen hanya tersedia pada situs kuota-belajar.kemdikbud.go.id.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten Tiruan/ Tipuan (Imposter Content)

Sumber Fakta:
1. https://kominfo.go.id/content/detail/33824/hoaks-subsidi-pulsa-rp-200-ribu-dan-kuota-95-gb-mengatasnamakan-kemendikbud/0/laporan_isu_hoaks
2. https://m.liputan6.com/amp/4531734/cek-fakta-informasi-pendaftaran-subsidi-pulsa-200-ribu-dan-kuota-95-gb-dari-kemendikbud-ini-tidak-benar
3. https://m.merdeka.com/amp/cek-fakta/cek-fakta-tidak-benar-link-subsidi-pulsa-rp200-ribu-dan-kuota-95gb-catut-kemendikbud.html