[HOAKS] - LUK THEP, BONEKA DARI THAILAND MEMBUAT PEMILIKNYA KAYA RAYA

Share :        
Senin, 25 Jul 2022

DISINFORMASI
Beredar melalui pesan berantai Whatsapp sebuah informasi tentang boneka yang dapat membuat pemiliknya menjadi kaya karena berisi tuyul yang bisa mencuri uang.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks, diketahui bahwa klaim tersebut adalah tidak benar. Diketahui boneka tersebut bernama Luk Thep dan cukup terkenal di Thailand. Dikutip dari laman turnbackhoax (28/09/2019) tidak ada bukti yang memperkuat klaim tersebut, Polisi Thailand justru menyatakan bahwa boneka tersebut dapat digunakan oleh penyelundup obat terlarang.

Selain itu, dikutip dari wolipop.detik.com (25/09/2019) sebagian besar warga Malaysia meyakini pesan beredar yang menjadi viral mengenai boneka Luk Thep ini adalah hoaks, ada pun juga mengganggap pesan tersebut sebagai bentuk perhatian agar lebih waspada terhadap disinformasi karean sebelumnya banyak informasi yang menyebutkan boneka Luk Thep dapat membuat pemiliknya kaya raya.

KESIMPULAN
Klaim mengenai boneka berisi tuyul dan bisa mencuri uang adalah tidak benar. Faktanya, tidak ada bukti yang memperkuat klaim tersebut dan polisi Thailand justru menyatakan bahwa boneka tersebut dapat digunakan oleh penyelundup obat terlarang.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konteks yang Salah (False Context)

Sumber Fakta:
1. https://turnbackhoax.id/2019/09/28/salah-kalau-di-indonesia-istilahnya-tuyul/
2. https://wolipop.detik.com/entertainment-news/d-4721364/boneka-mistis-yang-dipercaya-bisa-bikin-kaya-ini-bikin-heboh-di-malaysia 
3. https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4201038/cek-fakta-boneka-asal-thailand-berisi-tuyul-dan-bisa-mencuri-uang-ini-faktanya 
4. https://cekfakta.com/focus/3133