[HOAKS] - MATI SURI, DUA ORANG HIDUP KEMBALI SETELAH MENINGGAL RATUSAN TAHUN

Share :        
Selasa, 26 Jul 2022

DISINFORMASI
Beredar sebuah foto di media sosial Facebook dengan narasi tentang dua orang yang hidup kembali setelah meninggal selama 100 tahun.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran tim Jalahoaks, diketahui bahwa informasi terkait dua orang yang sudah meninggal selama 100 tahun dan hidup kembali adalah tidak benar. 

Dilansir dari laman periksafakta.afp.com (22/07/2022), foto tersebut pernah dimuat di artikel pada sebuah situs blog wisata tanggal 26 Agustus 2014 dengan judul “Wisata Horor di Toraja.” Dalam artikel tersebut, dijelaskan tentang ritual Ma’nene di Tana Toraja, yaitu upacara tradisional di mana masyarakat Toraja membersihkan jenazah keluarga mereka yang telah diawetkan.

Blog tersebut mengunggah lima foto ritual Ma'nene, salah satunya foto yang terlihat di postingan yang beredar tersebut.

Amos Sumbung, yang menulis artikel blog tahun 2014 itu, mengatakan kepada AFP bahwa dia adalah asli Toraja dan foto-foto yang diunggah di blognya diambil saat acara ritual Ma’nene di Toraja di bulan Agustus 2014.

"Fotonya diambil oleh penduduk sekitar tempat Ma'nene di kampung saya. Kebetulan mereka adalah sepupu saya," kata Amos pada tanggal 19 Juli 2022.

KESIMPULAN
Informasi tentang foto yang menyatakan bahwa ada dua orang yang hidup kembali setelah meninggal 100 tahun, adalah tidak benar. Faktanya, foto tersebut merupakan foto dari ritual Ma’nene di Tanah Toraja yang merupakan upacara tradisional untuk membersihkan jenazah keluarga yang telah diawetkan.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konteks yang Salah (False Context)

Sumber Fakta:
1. https://periksafakta.afp.com/doc.afp.com.32F394B
2. https://turnbackhoax.id/2022/07/23/salah-dua-orang-ini-sudah-100-tahun-meninggal-tetapi-mereka-bisa-hidup-kembali/
3. https://perma.cc/GQC7-8ZAD