[HOAKS] - MEMAKAI MASKER MENGURANGI OKSIGEN DAN MEMPERBURUK KESEHATAN TUBUH

Share :        
Kamis, 22 Sep 2022

DISINFORMASI

Beredar di media sosial Twitter informasi yang menyebutkan bahwa memakai masker dapat memperburuk kondisi kesehatan tubuh.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks, bahwa klaim mengenai memakai masker memperburuk kondisi kesehatan tubuh adalah Tidak Benar.

Dikutip dari artikel jalahoaks.jakarta.go.id (13/04/2021) menurut dr. Jaka Pradipta, dokter spesialis paru di RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet, masker yang digunakan oleh seseorang ketika bersin hanya membuat masker tersebut infeksius atau memuat banyak virus, sehingga masker perlu diganti. Penggunaan masker ketika bersin tidak membuat kondisi kesehatan seseorang bertambah buruk.

Selain itu, dari laman turnbackhoax.id (22/09/2022) dr. Decsa Medika H, Sp.PD pada dasarnya penggunaan masker tidak akan mengurangi kadar oksigen yang kita hirup dan tubuh akan tetap membuang CO2 melalui masker.

Baik masker kain, masker medis, masker N95, oksigen maupun karbondioksida bisa menembus lapisan masker tersebut jadi tidak mungkin terjadi penumpukan CO2 atau kita kekurangan oksigen.

Menurut dr. RA Adaninggar. Sp.PD juga memberikan pendapat bahwa masker hanya bisa menangkap droplet ukuran 10 nm ke atas sedangkan O2 dan CO2 ukurannya kurang dari 0,03nm, dan itu kecil sekali, bisa keluar masuk bebas lewat masker sehingga tidak ada pengaruhnya atau menimbulkan penyakit macam-macam.

KESIMPULAN

Klaim bahwa memakai masker memperburuk kondisi kesehatan tubuh adalah tidak benar. Faktanya penggunaan masker tidak akan mengurangi kadar oksigen yang kita hirup dan tubuh akan tetap membuang CO2 melalui masker.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:

1. https://jalahoaks.jakarta.go.id/detail/HOAKS-Penggunaan-Masker-Menyebabkan-Kematian-Karena-Covid-19

2. https://turnbackhoax.id/2022/09/22/salah-penggunaan-masker-memperburuk-kondisi-kesehatan-tubuh/