[HOAKS] - MEMBELI BBM DENGAN NOMINAL GANJIL UNTUK HINDARI KECURANGAN SPBU

Share :        
Jumat, 24 Jun 2022

DISINFORMASI
Beredar informasi melalui media sosial Facebook tentang pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) sebaiknya dengan nominal uang ganjil, karena bisa menghindari kecurangan oleh oknum petugas SPBU.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui bahwa klaim tersebut  tidak benar. Dilansir dari kompas.com (21/06/2022), Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting membantah adanya upaya kecurangan seperti pada klaim yang beredar di media sosial.

Menurutnya, sebagian besar SPBU sudah terdigitalisasi, sehingga setiap alat ukur sudah ditera sesuai ketentuan. Selain itu, jumlah BBM yang dikeluarkan akan disesuaikan dengan nominal pembayaran. Terlepas dari nominal pembayaran tersebut ganjil atau genap.

KESIMPULAN
Informasi tentang mengisi BBM di SPBU sebaiknya dengan nominal ganjil untuk menghindari kecurangan, adalah tidak benar. Faktanya, setiap alat ukur di SPBU sudah ditera sesuai ketentuan dan kuantitas BBM sudah sesuai dengan nominal pembayaran, terlepas dari ganjil atau genapnya pembayaran tersebut. 

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:
1. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/06/21/111100182/-hoaks-isi-bensin-di-spbu-dengan-nominal-ganjil-agar-tidak-dicurangi?page=all
2. https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/GNlWplBK-cek-fakta-benarkah-isi-bensin-di-spbu-dengan-nominal-ganjil-bisa-dicurangi-cek-dulu-faktanya