[HOAKS] - MENCUCI MUKA DENGAN PASTA GIGI AMPUH HILANGKAN JERAWAT

Share :        
Selasa, 05 Jul 2022

DISINFORMASI
Beredar informasi di media sosial Facebook yang mengklaim bahwa mencuci muka dengan pasta gigi merek Pepsodent dapat menghilangkan jerawat.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, dilaporkan dalam kompas.com (01/07/2022) bahwa informasi pasta gigi dapat menghilangkan jerawat merupakan hoaks lama.

Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman yang juga dokter spesialis kulit dan kelamin di RSUD Margono Soekarjo Purwokerto, dr Ismiralda Oke Putranti, SpKK menjelaskan, penggunaan pasta gigi pada wajah tidak disarankan.

"Untuk pasta gigi sendiri, karena konteks gigi kan keras jadi bahan-bahannya itu pun bahan iritatif yang keras. Bayangkan saja kalau bahan-bahan itu dioleskan ke kulit, otomatis akan menimbulkan efek iritasi yang lebih berat," kata Oke, Kamis (30/06/2022).

Menurutnya, bahan aktif dalam pasta gigi terutama fluoride, sorbitol, agen abrasif, pewarna, zat perasa, detergen, tidak ada satu pun yang direkomendasikan untuk kulit. Untuk penanganan jerawat, paling aman datang periksa ke dokter kulit. Karena kelainan kulit banyak macamnya dan gambaran klinisnya hampir mirip. Untuk menyembuhkan jerawat ataupun mencerahkan kulit tidak bisa instan sekali pakai dan dibutuhkan perawatan yang berlanjut.

"Jadi semua produk itu sudah dikondisikan untuk keperluannya. Namanya pasta gigi ya digunakan untuk gigi. Tidak disarankan untuk penggunaan di bagian yang lain," jelasnya.

Menanggapi unggahan tentang pasta gigi dapat menghilangkan jerawat tersebut, telah diulas dalam alodokter.com (30/10/2021) bahwa mengoleskan pasta gigi bukanlah solusi yang tepat untuk mengatasi jerawat. Jadi, daripada menggunakan pasta gigi, lebih baik gunakanlah produk perawatan kulit yang memang sudah terbukti efektif dan aman untuk menghilangkan jerawat.

Disarankan, mengoleskan gel atau krim yang mengandung benzoil peroksida, asam salisilat, asam glikolat, atau asam laktat ke jerawat guna membunuh bakteri penyebab jerawat, mengurangi pembengkakan, serta mempercepat proses penyembuhan jerawat.

Selain itu, menjalani pola hidup yang sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, selalu menjaga kebersihan kulit, istirahat yang cukup, dan mengelola stres dengan baik, juga dapat mencegah munculnya jerawat.

KESIMPULAN
Informasi tentang mencuci muka dengan pasta gigi merek Pepsodent dapat menghilangkan jerawat, adalah tidak benar. Faktanya, penggunaan bahan aktif pasta gigi terutama fluoride, sorbitol, agen abrasif, pewarna, zat perasa, detergen, tidak ada satu pun yang direkomendasikan untuk kulit.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks:  Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:
1. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/07/01/154500882/-hoaks-pasta-gigi-bisa-menghilangkan-jerawat-di-wajah?page=all#page2
2. https://www.alodokter.com/penggunaan-pasta-gigi-untuk-jerawat-apakah-aman
3. https://health.kompas.com/read/2020/10/16/193700668/pasta-gigi-bisa-menghilangkan-jerawat-mitos-atau-fakta-?page=all