[HOAKS] - MENGGOSOKKAN HIDROGEN PEROKSIDA KE PERMUKAAN KULIT DAPAT SEMBUHKAN KANKER

Share :        
Rabu, 03 Agu 2022

DISINFORMASI
Beredar informasi di media sosial Facebook dengan klaim bahwa hidrogen peroksida dapat mengobati kanker, dengan cara mengggosokkan ke permukaan kulit 1 atau 2 kali sehari.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, dilaporkan dalam liputan6.com (27/07/2022) bahwa ilmuwan klinis di The institute of Cancer Research, Dr Navita Somaiah mengatakan mengoleskan hidrogen peroksida pada kulit berbahaya dan klaim yang dibuat dalam video tersebut sepenuhnya salah.

Badan Internasional untuk Penelitian Kanker, Bagian dari Organisasi Kesehatan Dunia, mengatakan larutan 50 persen atau lebih yang diterapkan pada kulit dapat menyebabkan iritasi dan korosi parah, luka bakar parah, lecet, bisul, dan jaringan parut permanen. Dari beberapa penelitian tentang penggunaan hidrogen peroksida, tidak ada yang menyarankan untuk mengoleskannya pada kulit sekali atau dua kali sehari.

Selain itu, dalam artikel berjudul "Fact check: False claim that rubbing hydrogen peroxide on skin treats cancer" yang dimuat situs usatoday.com pada 4 Februari 2022, Ketua Dermatologi di Universitas George Washington, Dr. Adam Friedman, mengatakan hidrogen peroksida bukan obat untuk kanker, klaim bahwa mengoleskan hidrogen peroksida secara topikal dapat mengobati kanker tidak berdasar. Hidrogen peroksida tidak dapat diserap ke dalam tubuh atau aliran darah untuk membunuh sel kanker saat dioleskan pada kulit.

Ahli bedah kulit di Universitas Yale. dr. Kathleen Suozzi, menyatakan tidak ada uji klinis yang menunjukkan efektivitas hidrogen peroksida dalam mengobati kanker kulit.

"Konsentrasi hidrogen peroksida yang lebih tinggi yang diterapkan pada permukaan kulit dapat menyebabkan kerusakan kulit, tetapi tidak mungkin diserap ke dalam aliran darah dengan cara yang berarti," kata Suozzi.

KESIMPULAN
Informasi bahwa hidrogen peroksida dapat mengobati kanker dengan mengggosokkannya 1 atau 2 kali sehari pada permukaan kulit, adalah tidak benar. Faktanya, tidak ada uji klinis yang menunjukkan efektivitas hidrogen peroksida dalam mengobati kanker kulit dan larutan 50 persen atau lebih yang diterapkan pada kulit justru dapat menyebabkan iritasi dan korosi parah, luka bakar parah, lecet, bisul, dan jaringan parut permanen.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:
1. https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5025189/cek-fakta-tidak-benar-mengoleskan-hidrogen-peroksida-ke-kulit-dapat-mengobati-kanker
2. https://www.pikiran-rakyat.com/cek-fakta/pr-015159806/cek-fakta-hidrogen-peroksida-bisa-sembuhkan-kanker-simak-kebenarannya
3. https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/nN9ygVGN-cek-fakta-mengoleskan-hidrogen-peroksida-ke-kulit-bisa-mengobati-kanker-cek-dulu-faktanya