[HOAKS] - MENUTUP SALAH SATU LUBANG HIDUNG DAPAT MENGOBATI VERTIGO

Share :        
Rabu, 27 Jul 2022

DISINFORMASI
Beredar informasi di media sosial Facebook dengan klaim bahwa tindakan menutup lubang hidung bisa mengobati sakit kepala dan vertigo.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui bahwa klaim tersebut tidak benar. Dilansir dari liputan6.com (20/07/2022), Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Profesor Dr dr Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH, mengatakan bahwa klaim tersebut tidak benar alias hoaks. Menurutnya, menutup lubang hidung tidak bisa menyembuhkan sakit kepala dan vertigo.

Adapun dari hasil laporan merdeka.com (21/07/2022), diketahui bahwa tidak ada penanganan untuk sakit kepala dan vertigo dengan metode menutup hidung. Sejumlah cara untuk penanganan sakit kepala dan vertigo di antaranya perbanyak minum air putih, kompres di area kepala dengan es, menggunakan heating pad atau kompres hangat untuk sakit kepala tipe ketegangan, hingga beristirahat di tempat redup atau gelap.

Dengan demikian klaim menyembuhkan sakit kepala dan vertigo dengan menutup hidung tidak ada dasarnya.

KESIMPULAN
Informasi bahwa menutup hidung dapat mengobati sakit kepala dan vertigo, adalah tidak benar. Faktanya, menutup hidung tidak bisa menyembuhkan sakit kepala dan vertigo. Beberapa metode yang bisa dilakukan untuk menangani sakit kepala atau vertigo di antaranya perbanyak minum air putih, kompres di area kepala dengan es, menggunakan heating pad atau kompres hangat untuk sakit kepala tipe ketegangan, hingga beristirahat di tempat redup atau gelap.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:
1. https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5018839/cek-fakta-hoaks-menutup-lubang-hidung-bisa-mengobati-sakit-kepala-dan-vertigo
2. https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-menutup-lubang-hidung-tidak-bisa-menyembuhkan-sakit-kepala-dan-vertigo.html