[HOAKS] - MENYUMBAT HIDUNG DAN TELINGA DENGAN BAWANG PUTIH, TIPS BARU MENYEMBUHKAN SINUSITIS

Share :        
Rabu, 27 Jul 2022

DISINFORMASI

Beredar informasi di media sosial Facebook bahwa menyumbat hidung dan telinga menggunakan bawang putih dapat menyembuhkan penyakit sinusitis.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks, klaim bahwa dengan menyumbat hidung dan telinga menggunakan bawang putih dapat menyembuhkan penyakit sinusitis adalah salah.

Informasi terkait menyumbat lubang hidung dengan bawang putih juga pernah viral di laman TikTok milik @rozalinekatherine pada Juli 2021. Dalam video tersebut memperlihatkan kedua lubang hidung yang mengeluarkan lendir setelah menyumbatnya dengan bawang putih selama 10-15 menit.

Mengutip dari kumparan.com (9/07/2021)Dr. Jay Youngerman, kepala otolaryngology Rumah Sakit Northwell Health Plainview New York menyebut bahwa lendir yang keluar merupakan respon dari hidung saat mengalami pemblokiran.

Menurut  ahli kesehatan telinga, hidung, dan tenggorokan dari RSIA Kemang Medical Caredr Bagas Wicaksono SpTHT-KL mengatakan bahwa klaim tersebut tidak benar. Menurutnya, sinusitis tidak bisa disembuhkan dengan menempelkan bawang putih di lubang telinga dan hidung.

"Tidak betul itu. Sinusitis adalah infeksi di rongga sinus kepala. Bila terjadi infeksi, seringkali terapinya adalah antibiotik," tuturnya, dikutip dari liputan6.com, 14 Juli 2022.

Memang bawang putih bisa digunakan sebagai antioksidan atau antiradang untuk pilek. Namun, penggunaannya tidak dengan diletakan di lubang hidung dan telinga. Melainkan di ekstrak menjadi tablet , kapsul, atau pil.

Sementara itu, tidak ada penelitian ilmiah yang mendukung klaim penyembuhan sinusitis dengan menyumbat hidung menggunakan bawang putih. Jika memang penderita sinusitis ingin meredakan dan mengobati penyakit tersebut. Maka, para dokter menyarankan sebaiknya menggunakan semprotan hidung yang sesuai dengan anjuran dokter. 

KESIMPULAN

Informasi bahwa menyumbat hidung dengan bawang putih dapat menyembuhkan penyakit sinusitis, adalah tidak benar. Faktanya, tidak ada penelitian ilmiah yang mendukung klaim tersebut.

Kategori Informasi: Disinformasi

Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:

1. https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5013730/cek-fakta-tidak-benar-menempelkan-bawang-putih-di-lubang-telinga-dan-hidung-bisa-sembuhkan-sinusitis

2. https://kumparan.com/kumparanfood/duh-tips-tiktok-sumpal-hidung-dengan-bawang-putih-berbahaya-kata-ahli-1w5vdJi8WKO/full