Jala Hoaks Jakarta

[HOAKS] - MESSI MENYEMANGATI TIM ARGENTINA UNTUK KALAHKAN INDONESIA DI LAGA PERSAHABATAN


Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Sindiran/ Parodi (Satire or Parodi)
Jumat, 26 Mei 2023

DISINFORMASI
Beredar sebuah video melalui media sosial Twitter yang memperlihatkan pesepakbola Lionel Messi yang sedang memberikan semangat pada Tim Argentina jelang Laga Persahabatan dengan Indonesia. Dinarasikan, Messi mengatakan semua tropi dan gelar tidak berarti jika belum menang melawan Indonesia.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui video tersebut merupakan hasil rekayasa.

Kami menelusuri cuplikan video Lionel Messi yang sedang memberikan semangat kepada rekan timnya. Hasilnya, video tersebut diambil saat Messi sedang berbicara sebelum laga Argentina vs Brazil dalam laga Final Copa Amerika 2021 di Brazil.

Dilansir dari kompas.com (23/05/2023), terjemahan pidato Messi jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia yakni: "Kita akan membawanya (Copa America) pulang ke Argentina. Untuk merayakannya bersama keluarga dan teman-teman, serta semua orang yang telah mendukung kita."

Video aslinya tidak berkaitan dengan timnas Argentina yang bakal melawan Indonesia. Sebagai informasi, pertandingan persahabatan antara timnas Argentina melawan Indonesia akan berlangsung pada 19 Juni 2023. FIFA melalui situs resmi konfederasi sudah mencantumkan laga Indonesia vs Argentina sebagai pertandingan resmi FIFA Matchday.

KESIMPULAN
Informasi tentang video pesepakbola Lionel Messi memberikan semangat pada Tim Argentina untuk kalahkan Indonesia dalam Liga Persahabatan, adalah tidak benar. Faktanya, video diambil pada laga Argentina vs Brazil dalam laga Final Copa Amerika 2021 dan pidato Messi tidak berkaitan dengan timnas Argentina yang bakal melawan Indonesia.

SUMBER FAKTA:

  1. https://www.youtube.com/watch?v=fPNo844Crcw

  2. https://www.fifa.com/fifaplus/en/match-centre?date=2023-06-19&sortBy=Popular

  3. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/05/23/155100982/konten-satire-video-pidato-messi-jelang-laga-argentina-vs-indonesia?page=all

Bagikan: