[HOAKS] - MINUM AIR DI WAKTU YANG TIDAK TEPAT SEBABKAN GANGGUAN FUNGSI HATI

Share :        
Rabu, 03 Agu 2022

DISINFORMASI
Beredar informasi di media sosial Facebook yang menyebutkan bahwa minum air di waktu yang tidak tepat dapat menyebabkan penyakit hingga gangguan fungsi hati. Waktu tidak tepat yang dimaksud, seperti setelah makan, makan buah, olahraga, bahkan setelah mandi.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui bahwa informasi tersebut tidak benar. Dalam video yang beredar disebut bahwa dokter ahli bedah gastrointestinal, vaskular dan umum, Leonard Smith menyatakan meminum air putih dapat menyebabkan gangguan fungsi hati jika meminumnya di waktu yang tidak tepat seperti setelah makan, makan buah, olahraga, dan setelah mandi.

Dilansir dari kompas.com (28/07/2022), pernyataan dari Leonard Smith yang membicarakan tentang air minum pernah dipublikasikan Mel Magazine pada 23 Agustus 2017. Namun, tidak ada pernyataan mengenai waktu yang tidak tepat untuk meminum air. Smith menganjurkan agar orang-orang meminum air secara perlahan.

"Anda harus menyesap air secara perlahan, dua hingga tiga ons sekaligus, sepanjang hari. Jika Anda minum terlalu cepat, Anda berisiko mengencerkan darah Anda, yang dapat menyebabkan ekskresi air lebih cepat oleh ginjal," kata dia.

Selain itu, narasi mengenai waktu yang tidak tepat untuk minum air juga dibantah oleh dokter spesialis penyakit dalam, dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH. Menurutnya, air putih dapat dikonsumsi kapan saja. Kebiasaan minum air yang dapat mengganggu kesehatan adalah terkait jumlahnya, bukan kapan air diminum. Terlalu sedikit atau terlalu banyak minum air bisa mengganggu kesehatan. Jumlah konsumsi air yang direkomendasikan yakni delapan gelas per hari.

Namun, perlu diingat bahwa delapan gelas per hari tidak berlaku untuk semua orang. Ada sejumlah faktor yang mempengaruhi perbedaan kebutuhan air setiap orang. Misalnya usia, iklim, penyakit, sedang menyusui, atau profesi sebagai atlet.

KESIMPULAN
Informasi tentang waktu minum yang dapat menyebabkan penyakit hingga gangguan fungsi hati, adalah tidak benar. Faktanya, air putih dapat diminum kapan saja dan kebiasaan minum air yang dapat mengganggu kesehatan adalah terkait jumlah konsumsi airnya, serta dianjurkan untuk meminum secara perlahan.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:
1.https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/07/28/175600482/-hoaks-waktu-minum-air-yang-menyebabkan-gangguan-fungsi-hati?page=all
2. https://www.youtube.com/watch?v=T1VXzXUXs-E
3. https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-hoaks-minum-air-di-waktu-yang-tak-tepat-sebabkan-gangguan-fungsi-hati.html
4. https://www.kominfo.go.id/content/detail/43390/hoaks-waktu-minum-air-yang-menyebabkan-penyakit-hingga-gangguan-fungsi-hati/0/laporan_isu_hoaks