[HOAKS] - MINYAK GORENG MENJADI PENGGANTI TROFI UNTUK JUARA MOTOGP MANDALIKA

Share :        
Senin, 28 Mar 2022

DISINFORMASI

Beredar postingan foto di Facebook yang memperlihatkan Presiden Joko Widodo menyerahkan minyak goreng kepada juara MotoGP Mandalika, Pembalap tim Red Bull KTM Miguel Oliveira.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui bahwa foto tersebut hasil suntingan. Diketahui bahwa foto aslinya merupakan penyerahan piala dari Presiden Joko Widodo kepada Pembalap tim Red Bull KTM Miguel Oliveira yang menjuarai MotoGP Mandalika.

Foto aslinya dapat dilihat pada artikel berjudul “Miguel Oliveira Banjir Pujian Usai Sebut Nama Risman di MotoGP Mandalika 2022” yang tayang di liputan6.com pada 20 Mei 2022. Pada keterangan foto tersebut diketahui bahwa foto itu merupakan hasil karya fotografer Achmad Ibrahim dari AP Photo.

Adapun, diketahui pula bahwa foto suntingan itu merupakan salah satu guyonan warganet yang tersebar di internet pada saat perhelatan MotoGP Mandalika.

KESIMPULAN

Foto Presiden Jokowi menyerahkan minyak goreng kepada juara MotoGP Mandalika, Pembalap tim Red Bull KTM Miguel Oliveira merupakan hasil suntingan. Foto tersebut hasil suntingan dari foto karya Achmad Ibrahim dari AP Photo.

Kategori Informasi: Disinformasi

Kategori Hoaks: Sindiran/Parodi (Satire/ Parodi)

Sumber Fakta:

1.       https://www.liputan6.com/tekno/read/4916646/miguel-oliveira-banjir-pujian-usai-sebut-nama-risman-di-motogp-mandalika-2022

2.       https://www.newsdelivers.com/2022/03/23/11-funny-edited-photos-of-motogp-racer-miguel-gets-cooking-oil/

3.       https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/yKXqLnEN-cek-fakta-beredar-foto-jokowi-berikan-minyak-goreng-kemasan-ke-juara-motogp-mandalika-miguel-oliveira-ini-faktanya