[HOAKS] - MENAHAN TANGIS BISA MENYEBABKAN KANKER

Share :        
Senin, 01 Agu 2022

DISINFORMASI

Beredar sebuah cuplikan video di channel YouTube Pecinta dr Aisah Dahlan, CHt yang menampilkan dr. Aisyah Dahlan sedang memberikan informasi bahwa menahan tangis bisa menyebabkan seseorang menderita kanker.

PENJELASAN

Dalam akun penangkal hoaks turnbackhoax.id (25/07/2022) bahwa informasi yang diberikan dr. Aisah Dahlan di video yang diunggah oleh channel “Pecinta dr Aisah Dahlan, CHt” merupakan konten yang menyesatkan, karena menahan tangis memang bisa berujung pada gejala depresi dan kecemasan, di mana dua hal tersebut berbahaya bagi pasien yang memang sudah menderita kanker.

Gejala depresi dan kecemasan berhubungan dengan kematian kanker yang lebih tinggi dan kualitas hidup pasien kanker yang lebih buruk, tetapi bukan merupakan penyebab seseorang menderita kanker.

Menanggapi unggahan tentang dampak menahan tangis pada tubuh, telah diulas dalam fimela.com (09/10/2021) bahwa terdapat beberapa hal yang akan terjadi pada tubuh saat kita menahan tangisan, diantaranya :

1. Menyebabkan stres;

2. Masalah kesehatan;

3. Tubuh merasa lelah;

4. Detak jantung meningkat, dan

5. Otot jadi tegang.

Selain itu, dilansir dari website Harvard Health Publishing health.harvard.edu (01/03/2021) diinformasikan manfaat menangis untuk kesehatan manfaat medis dari menangis telah dikenal sejak zaman Klasik. Pemikir dan dokter Yunani kuno dan Roma mengemukakan bahwa air mata bekerja seperti pencahar, menguras dan memurnikan kita. Pemikiran psikologis hari ini sebagian besar setuju, menekankan peran menangis sebagai mekanisme yang memungkinkan kita untuk melepaskan stres dan rasa sakit emosional.

Menangis adalah katup pengaman yang penting, terutama karena menyimpan perasaan sulit di dalam - apa yang disebut psikolog sebagai koping represif - bisa berdampak buruk bagi kesehatan kita. Studi telah menghubungkan mengatasi represif dengan sistem kekebalan tubuh yang kurang tangguh, penyakit kardiovaskular, dan hipertensi, serta dengan kondisi kesehatan mental, termasuk stres, kecemasan, dan depresi.

Menangis juga terbukti meningkatkan perilaku keterikatan, mendorong kedekatan, empati, dan dukungan dari teman dan keluarga.

KESIMPULAN

Informasi dalam video tentang menahan tangis bisa menyebabkan kanker, adalah tidak benar. Faktanya, tidak ada hubungan kausal antara menahan tangis dengan kejadian kanker dan tidak ada bukti ilmiah yang menguatkan argumen tersebut. 

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta :

1. https://www.youtube.com/watch?v=_Jyao5HrfGs

2. https://turnbackhoax.id/2022/07/25/salah-menahan-tangis-bisa-menyebabkan-kanker/

3. https://www.fimela.com/health/read/4679865/5-hal-yang-terjadi-pada-tubuh-saat-menahan-tangisan

4. https://www.health.harvard.edu/blog/is-crying-good-for-you-2021030122020