[HOAKS] - MENGGOYANG GOYANG TABUNG GAS LPG DAPAT MEMICU LEDAKAN

Share :        
Selasa, 17 Mei 2022

DISINFORMASI

Beredar pesan berantai Whatsapp berupa video dua orang tengah menggoyang-goyangkan tabung gas lalu meledak. Bersama video itu terdapat narasi yang berisikan larangan untuk menggoyang-goyangkan tabung gas karena dapat menyebabkan tabung gas meledak.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Jalahoaks diketahui bahwa klaim pesan berantai itu tidak benar. Dilansir dari turnbackhoax.id, diketahui bahwa video yang tersebar melalui Whatsapp tersebut merupakan hoaks lama yang sudah diperiksa faktanya sejak 2017. Diketahui pula bahwa ledakan tabung gas tersebut merupakan hasil suntingan.

Adapun, masih mengacu kepada turnbackhoax.id, terjadinya ledakan pada tabung LPG lebih disebabkan oleh bocornya gas dari tabung LPG dikarenakan faktor-faktor tertentu seperti kebocoran selang gas, pemasangan regulasi yang salah, dan tidak menggunakan regulator dengan tekanan gas yang tidak sesuai.

Manager Domestic Gas Region III PT Pertamina (persero), Ari Anggoro mengungkapkan, meledaknya tabung gas bukan disebabkan oleh kualitas tabung gas yang buruk.

“Biasanya kecelakaan itu akibat dari selang dan regulator. Kalau dari tabung jarang sekali,” kata Ari saat kunjungan media ke Domestic Gas Marketing & Operation Region III, Terminal Pertamina Plumpang, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (2/05/2014).

Ia menjelaskan, selang dan regulator yang digunakan masyarakat ada yang sesuai standar ada pula yang tidak. Menurutnya, ini penyebab banyak kejadian meledaknya tabung gas, disebabkan masyarakat tidak menggunakan selang dan regulator sesuai standar.

KESIMPULAN

Klaim video di Whatsapp tentang larangan menggoyang-goyangkan tabung gas untuk menghindari ledakan adalah tidak benar. Faktanya, ledakan pada tabung LPG lebih disebabkan oleh bocornya gas dari tabung LPG dikarenakan faktor-faktor tertentu seperti kebocoran selang gas, pemasangan regulator yang salah, dan tidak menggunakan regulator dengan tekanan gas yang tidak sesuai.

Kategori Informasi: Disinformasi

Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta:

1. https://turnbackhoax.id/2017/10/23/hoax-video-tabung-gas-meledak-karena-digoyang-goyangkan/

2. https://finance.detik.com/energi/d-2571241/ini-penyebab-tabung-elpiji-sering-meledak

3. https://kumparan.com/kumparannews/hoaxbuster-benarkah-tabung-gas-digoyang-bisa-sebabkan-ledakan-1ubZk9uyCXT/full