[HOAKS] - MINUM AIR HANGAT OBATI SEGALA PENYAKIT DAN OLAHRAGA YANG DIHINDARI BAGI USIA DI ATAS 50 TAHUN

Share :        
Selasa, 06 Apr 2021

DISINFORMASI
Beredar informasi di media sosial bahwa minum air hangat bisa selamatkan nyawa karena terbukti 100 persen efektif menyembuhkan masalah kesehatan dan disarankan bagi yang berusia usia lebih dari 50 tahun tidak memilih jogging, lari apalagi lompat.

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir dari life>
"Semua informasi ini tidak ada buktinya. Saya tegaskan, bukan minum air dingin yang menyebabkan masalah kesehatan itu," ungkapnya.

Dalam pesan berantai itu pun diterangkan soal kanker yang bisa disembuhkan dengan rutin mengonsumsi air hangat selama 9 bulan. Membahas pernyataan itu, Dokter Indah berpesan pada masyarakat agar tidak mengikuti pesan tersebut. Sebab, kalau diikuti justru akan berbahaya bagi kesehatan tubuh.

"Ambil satu kasusnya saja, ada penderita kanker yang menghentikan semua pengobatan yang berjalan dan hanya mengikuti saran minum air hangat saja selama 9 bulan, fatal sekali akibatnya. Saran saya abaikan pesan ini," tuturnya.

Sedangkan terkait larangan jogging, lari, dan lompat bagi yang berusia lebih dari 50 tahun, dijelaskan dalam klikdokter.com (11/10/2019), olahraga bagi orang di atas 50 tahun sangat penting untuk memperlambat proses penurunan fungsi organ. Olahraga yang disarankan untuk seseorang usia 50-an, antara lain berjalan, jogging, bersepeda, tenis, berenang, yoga, dan Tai chi.

Dilaporkan dalam merdeka.com (07/12/2020), 5 olahraga yang sebaiknya tidak dilakukan ketika usia di atas 50 tahun yakni olahraga dan latihan berat, seperti leg press, deadlift, squat, bench press, dan lat pulldown. Sebaiknya lakukan olahraga yang tak terlalu berat seperti berjalan, berlari, bersepeda, atau jogging untuk menjaga kesehatan.

KESIMPULAN
Informasi bahwa minum air hangat bisa selamatkan nyawa dan disarankan bagi yang berusia usia lebih dari 50 tahun tidak jogging, lari apalagi lompat, adalah tidak benar. Faktanya, belum ada bukti kuat yang mengatakan minum air hangat terbukti 100 persen efektif menyembuhkan masalah kesehatan serta olahraga lari dan jogging termasuk dalam olah raga ringan yang disarankan untuk yang berusia di atas 50 tahun.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten Buatan (Fabricated Content)

Sumber Fakta:
1. https://life>2. https://www.kominfo.go.id/content/detail/29684/disinformasi-rutin-minum-air-putih-hangat-cegah-asma-dan-kanker/0/laporan_isu_hoaks
3. https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4083930/minum-air-hangat-di-pagi-hari-bisa-obati-segala-penyakit
4. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3633733/olahraga-terbaik-untuk-orang-di-atas-usia-50-tahun
5. https://www.merdeka.com/sehat/5-olahraga-yang-harus-dihindari-ketika-usia-di-atas-50-tahun.html?page=6