[HOAKS] - MINUM AIR PUTIH HANGAT EMPAT GELAS SEHARI DAPAT MENYEMBUHKAN COVID-19

Share :        
Senin, 15 Feb 2021

DISINFORMASI

Beredar informasi di media sosial Facebook yang menyebutkan bahwa minum air putih hangat empat gelas sehari dapat menyembuhkan Covid-19.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, yang dilansir dari laman medcom.id (11/02/2021) Juru bicara Satuan Tugas Covid-1 Rumah Sakit Universitas Sebelas Maret (UNS) dr. Tonang Dwi Ardyanto mengatakan informasi tentang air hangat yang dapat menyembuhkan Covid-19 karena air hangat dapat melancarkan peredaran darah itu tidak benar.

Dokter Tonang menerangkan pemahaman keseimbangan cairan tidaklah sesederhana itu. Menurutnya, sumber masukan air tidak hanya dari minuman dan makanan, namun juga jalur lain, begitu juga untuk pengeluarannya. Selain itu keseimbangan cairan bukanlah hal yang tunggal karena harus mempertimbangkan keseimbangan elektrolit, asam, basa dan sebagainya.

Adapun pada Covid-19 Menurut dr. tonang memang dapat mengganggu sistem koagulasi. Dokter tonang juga menerangkan pengentalan darah akibat faktor koagulasi berbeda dengan yang terjadi pada pengentalan darah akibat dehidrasi.

“Kalau dehidrasi, ada benarnya pemberian cairan. Tapi kalau faktor koagulasi, beda,” jelas dr tonang

“Covid itu mengganggu sistem koagulasi. Bahwa dapat juga terjadi dehidrasi, itu faktor lain bukan karena gangguan koagulasinya,” ujar dr tonang.
 
Ahli penyakit pernapasan di Cardiff University Inggris dan mantan Direktur Common Cold Center Ron Eccles telah melakukan penelitian tentang dampak nyata dari minuman panas ketika menderita flu. Dia menemukan bahwa sementara minuman panas mungkin dapat meredakan gejala pilek, kemungkinan hal tersebut sebagian merupakan efek dari peningkatan sekresi ludah dan lendir di mulut dan hidung, yang meredakan inflamasi. Namun tidak dengan virus.
 
“Tidak ada bukti bahwa minuman panas dapat memberikan perlindungan untuk melawan infeksi virus,” kata Eccles yang dikutip dari BBC.
 
Sehingga, klaim mengenai minum air hangat 4 kali sehari dapat menyembuhkan Covid termasuk hoaks dengan kategori konten yang menyesatkan.

KESIMPULAN

Informasi yang menyebutkan minum air putih hangat empat gelas sehari dapat menyembuhkan Covid-19 adalah tidak benar. Faktanya, minum air putih setiap harinya memang baik dilakukan untuk menjaga kesehatan dan menghindari dehidrasi. Namun tidak ada bukti bahwa minum air bisa menghilangkan/ menyembuhkan dari virus corona.

Kategori Informasi: Disinformasi
Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content)

Sumber Fakta

1. https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/yNL4JgyN-cek-fakta-minum-air-hangat-4-gelas-sehari-sekali-dapat-sembuhkan-covid-19-ini-faktanya

2. https://health.kompas.com/read/2020/04/05/140100268/banyak-minum-air-putih-tak-terbukti-bisa-hilangkan-virus-corona?page=all

3. https://www.ayocirebon.com/read/2021/02/12/8814/minum-air-hangat-bisa-sembuhkan-covid-19-benarkah

4. https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-tidak-benar-minum-air-panas-mampu-bunuh-virus-corona.html